Deretan Tanaman Hias Berbahaya yang Tak Boleh Ada di dalam Rumah

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 16 April 2021 18:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 16 612 2395989 deretan-tanaman-hias-berbahaya-yang-tak-boleh-ada-di-dalam-rumah-BxrMBP5ZuO.jpg Tanaman Caladium (Foto : Thehindu.com)

SELAMA pandemi ini mengurus tanaman mungkin menjadi salah satu hobi baru yang banyak ditekuni orang. Harga tanaman pun naik, seiring banyak orang yang beramai-ramai mulai mengoleksi tanaman.

Tapi hati-hati loh, meskipun kelihatannya bisa menjadi tanaman hias, tidak semua tanaman hias bisa ada di dalam rumah. Oleh karena itu, Anda harus hati-hati dalam memilih tanaman.

Salah satu alasannya adalah tanaman tersebut malah membuat udara di ruangan hunian jadi tidak sehat. Dilansir dari laman Roof and Floor, berikut ini 3 tanaman hias yang berbahaya ketika Anda pelihara di dalam rumah:

Philodendron

Philo

Tanaman hias ini salah satu yang populer di dunia. Kecantikan daunnya membuat siapapun yang melihat ingin memiliki dan ikut memeliharanya.

Namun, tanaman ini mengandung kristal kalsium oksalat yang bisa jadi racun untuk manusia maupun hewan peliharaan Anda. Ketika daun ini dimakan, akan menyebabkan reaksi dermatitis pada anak kecil dan pembengkakan pada mulut dan saluran pencernaan pada orang dewasa.

Caladium

Caladium

Tanaman ini pun salah satu tanaman hias yang banyak dipelihara. Biasa disebut dengan tanaman kuping gajah, tumbuhan ini ternyata beracun untuk manusia maupun hewan.

Jika Anda makan hanya sedikit, itu bisa menyebabkan rasa terbakar dan bengkak pada mulut, bibir, lidah, dan tenggorokan. Tanaman ini juga dapat menyebabkab kesulitan bernapas, bahkan pada kasus yang parah bisa menyumbat saluran udara dan menyebabkan kematian.

Jika termakan hewan peliharaan akan menyebabkan mual, muntah, mengeluarkan air liur, dan kesulitan bernapas.

Lily

Tanaman Lily

Bunga cantik satu ini pun ternyata tidak disarankan disimpan di dalam rumah, lho. Sebab, ketika kucing kesayangan Anda makan bunga lily itu akan sangat beracun.

Reaksi yang akan muncul setelah kucing Anda makan bunga lily adalah muntah, lesu, dan nafsu makannya berkurang drastis. Jika tidak ditangani dengan segera, bisa sebabkan kematian.

Pada manusia, lily dapat menyebabkan sakit perut, muntah, iritasi kulit, bahkan penglihatan kabur. Dengan bahaya tersebut, penting untuk Anda memilih lily yang tepat supaya tidak mejadi 'racun' bagi Anda, keluarga, ataupun hewan kesayangan.

Beberapa bunga lily beracun antara lain: Calla lily, Easter lily, Rubrum lily, Tiger lily, Day lily, dan Asian lily.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini