Punya Penyakit Autoimun, Ashanty Tetap Suntik Vaksin Nusantara

Wilda Fajriah, Jurnalis · Sabtu 17 April 2021 17:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 17 612 2396341 punya-penyakit-autoimun-ashanty-tetap-suntik-vaksin-nusantara-0K4Uuq8Aq3.jpg Ashanty. (Foto: Instagram)

MESKIPUN belum mendapatkan izin dari Badan Pengelola Obat dan Makanan (BPOM) untuk dilakukan uji klinis, tapi vaksin Nusantara sudah mulai disuntikkan pada beberapa orang.

Sejumlah tokoh dan politisi juga telah mengikuti rangkaian vaksinasi vaksin Nusantara. Seperti Gatot Nurmantyo, Sufmi Dasco Ahmad, dan Aburizal Bakrie.

Nah, menyusul mereka Penyanyi Anang Hermansyah mengikuti rangkaian vaksinasi vaksin Nusantara yang digagas mantan Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto. Anang dan istrinya, Ashanty, diambil sampel darah di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta.

Ashanty juga sudah dilakukan penyuntikan tahap 1 vaksin Nusantara. Hal ini dapat dilihat dari unggahan Instagram Story yang diunggahnya.

Terlepas dari kontroversi uji klinis fase II yang tidak mengantongi izin Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), vaksin nusantara yang berbasis sel dendritik memang menawarkan kelebihan karena bersifat personalized.

Ashanty

Kelebihan ini menjawab harapan orang-orang dengan kondisi tertentu yang tidak bisa mendapat vaksin Covid-19 lainnya. Seperti diketahui, Ashanty memiliki kondisi autoimun, salah satu kondisi komorbiditas Covid-19 yang butuh perhatian khusus untuk bisa menerima vaksin Covid-19.

Hal tersebut juga disebutnya melalui Instagram Story yang diunggahnya pada hari yang sama. Kondisi lain yang juga mempersulit Ashanty untuk bisa mendapat vaksin CoronaVac adalah riwayat Covid-19 yang membuatnya sempat kritis beberapa waktu lalu.

Meski saat ini Ashanty sudah sembuh, rekomendasi PAPDI mengharuskannya menunggu 3 bulan sebelum bisa mendapat vaksin CoronaVac. Karenanya, ia memilih vaksin Nusantara sebagai bagian dari pencegahan terhadap virus corona yang menyebabkan Covid-19.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini