Lezatnya Kue Lemang Khas Pontianak, Kuliner Wajib untuk Buka Puasa

Barlian Pasore, Jurnalis · Senin 19 April 2021 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 18 298 2396673 lezatnya-kue-lemang-khas-pontianak-kuliner-wajib-untuk-buka-puasa-Mn3kkWrN5N.jpg Pembuatan kue lemang khas Pontianak. (Foto: Barlian Pasore/iNews TV)

SIAPA yang tidak kenal dengan lemang. Ya, kue lemang adalah penganan khas Pontianak, Kalimantan Barat, yang banyak ditemui ketika bulan Ramadhan. Di Kota Pontianak ada salah satu pembuat lemang yang telah lebih dari 30 tahun. Ia membuat kue lemang dengan dua varian rasa yakni orisinal dan kacang. Lemang ini pun jadi salah satu kuliner wajib saat berbuka puasa.

Pembuat lemang yang berada di Jalan Haji Rais A Rahman, Kecamatan Pontianak Barat, ini setiap harinya mendapat pesanan antara 230 hingga 250 batang. Pembeli yang datang biasanya memesan 10 hingga 15 batang lemang. Satu batang lemang dihargai Rp25 ribu.

Baca juga: Lestarikan Kuliner Indonesia, Puan Maharani Santap Nasi Godog Khas Magelang 

Dia adalah Rabuansyah yang sudah sejak 30 tahun lalu membuat lemang. Bahan lemang juga cukup sederhana yakni beras ketan, santan yang telah dibumbui, serta daun pisang dan bambu sebagai wadah. Cara pembuatan lemang dimulai dengan pemilihan daun pisang sebagai alas di dalam bambu, kemudian beras ketan yang telah dicuci dimasukkan ke bamboo, lalu diberikan santan.

Kue lemang khas Pontianak. (Foto: Barlian Pasore/iNews TV)

Bambu yang telah terisi beras ketan selanjutnya dibakar dengan posisi berdiri. Proses pembakaran sendiri berkisar 3 hingga 5 jam. Jika ketan sudah mengeluarkan minyak, tandanya lemang telah masak.

Dalam satu hari, Rabuansyah bisa menghabiskan 125 kilogram beras ketan. Proses menanak beras ketan sendiri dimulai pada pukul 05.00.

Baca juga: Bulan Puasa, 5 Makanan Tradisional Ini Akan Mudah Ditemui 

Lemang yang sudah jadi selanjutnya diangkat dan dimasukkan ke dalam ember berisi air, kemudian didiamkan selama 10 menit. Jika sudah dingin, bambu dari lemang dipecahkan, dan lemang siap dipotong.

Rabuansyah memperkirakan menjelang Lebaran nanti pesanan lemang bisa naik dua hingga tiga kali lipat. Para pekerja sendiri kebanyakan remaja yang tinggal di sekitar rumahnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini