Kue Favorit Bung Karno Selama Pengasingan di Bangka Laris Manis saat Ramadhan

Rizki Ramadhani, Jurnalis · Senin 19 April 2021 04:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 18 298 2396678 kue-favorit-bung-karno-selama-pengasingan-di-bangka-laris-manis-saat-ramadhan-jOT5rf3vMC.jpg Kue sampan favorit Bung Karno khas Bangka laris manis saat Ramadhan. (Foto: Rizki Ramadhani/iNews TV)

KUE sampan atau biasa disebut kue penganan pelite oleh masyarakat Kota Muntok, Pulau Bangka, Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, laris manis saat bulan Ramadhan. Kue favorit Bung Karno selama pengasingan di Bangka ini diburu pembeli untuk sajian makanan buka puasa selama Ramadhan.

Baca juga: Gurihnya Ikan Mas Sambal Luar Khas Toba, Cocok Disantap dengan Nasi Hangat 

Kue yang terbuat dari bahan dasar tepung beras, santan kelapa, dan gula ini dimasak dengan cara dikukus menggunakan potongan daun pandan sebagai wadah kue, sehingga menyerupai bentuk sampan atau kapal kecil.

Kue sampan khas Bangka favorit Bung Karno. (Foto: Rizki Ramadhani/iNews TV)

Hal yang unik dari kue penganan pelite ini ialah kue manis legit ini merupakan makanan favorit presiden pertama Republik Indonesia Ir Soekarno atau Bung Karno selama diasingkan di Kota Muntok, Pulau Bangka, selama Agresi Militer II sepanjang tahun 1948 hingga 1949. Tidak heran kue penganan pelite ini menjadi ikon kuliner Kota Muntok.

Sita, salah satu pembuat kue penganan pelite, mengungkapkan selama bulan Ramadhan 1442 Hijriah ini sudah menjual sebanyak 250 kue. Per hari ia bisa meraup keuntungan hingga ratusan ribu rupiah.

Baca juga: Uniknya Soto Gertak, Kuliner Asli Kulonprogo yang Murah dan Lezat 

Ia berharap di kemudian hari ada pewaris pembuat kue penganan pelite khas Kota Muntok, Pulau Bangka, ini. Sita tidak ingin keharuman kue penganan pelite pudar karena tidak ada lagi orang yang mewarisi kue bersejarah tersebut.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini