Menkes Budi Ingatkan Kepala Daerah, Lansia Jadi Prioritas Vaksinasi Selama Ramadan

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 18 April 2021 12:47 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 18 481 2396617 menkes-budi-ingatkan-kepala-daerah-lansia-jadi-prioritas-vaksinasi-selama-ramadan-gxqc1EiOh6.jpg Lansia divaksin Covid-19 (Foto: New York Times)

Minggu 18 April 2021 tepat pukul 12.05 WIB, suplai vaksin Covid-19 yang diproduksi oleh PT Sinovac dari China diketahui sudah mendarat di Indonesia.

Dari keterangan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, pasokan yang siang ini datang dengan dibawa menggunakan pesawat Garuda Indonesia tersebut berjumlah sebanyak 6 juta bulk alias dalam bentuk bahan baku.

 Menkes Budi

“Hari ini kami kedatangan 6 juta bulk vaksin dari China, sebagai bagian dari pengiriman 140 juta bulk vaksin yang akan kita terima di tahun ini. Kira-kira sudah ada sekitar 59,5juta bulk vaksin yang akan diproduksi oleh Bio Farma menjadi sampai sekitar 47 juta dosis vaksin,” kata Menkes Budi, dikutip dari akun Youtube resmi Sekretariat Presiden, Minggu (18/4/2021).

Menkes Budi memberikan catatan khusus kepada semua kepala daerah yang berwenang terkait untuk program vaksinasi di seluruh daerah, di bulan Ramadan hingga Hari Raya Lebaran alias April hingga Mei 2021, vaksinasi akan diprioritaskan untuk orang-orang kelompok lanjut usia (lansia).

“Pesan saya kepada semua kepala daerah, baik itu Gubernur, Bupati dan semua untuk terus menjalankan program vaksinasi. Saat bulan Ramadan, banyak orang yang ingin bertemu dengan keluarga. Tolong diprioritaskan ke lansia, sehingga mereka terlindungi jika dikunjungi oleh keluarga. Imunitasnya relatif jadi lebih baik,” tambahnya.

Di saat yang sama, Menkes Budi juga menegaskan bahwa sesuai dengan arahan dari MUI, masyarakat tak perlu cemas divaksin saat berpuasa karena vaksinasi tak membuat ibadah puasa menjadi batal.

“MUI sudah menginformasikan bahwa selama bulan puasa vaksinasi itu tidak membuat batal puasa, jadi vaksinasi tetap harus dijalankan,” tutup Menkes Budi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini