Mencegah Bau Mulut saat Berpuasa, Coba Lakukan 6 Langkah Ini

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Minggu 18 April 2021 21:08 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 18 611 2396527 mencegah-bau-mulut-saat-berpuasa-coba-lakukan-6-langkah-ini-5EvF10Zejx.jpg Puasa (Foto: Pxhere)

Saat kita sedang berpuasa, perut akan kosong selama berjam-jam. Perut yang kosong dapat menyebabkan bau mulut.

Bau mulut juga dapat disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya karena kondisi mulut yang tidak bersih. Merubah gaya hidup ternyata dapat membantu menghilangkan bau mulut loh. Dilansir dari Mayo Clinic, berikut cara mencegah bau mulut saat berpuasa.

 gosok gigi usai sahur

1. Gosok gigi usai sahur

Sesudah makan sahur, mulut akan menyimpan sisa-sisa makanan yang masih menempel. Jika tidak dibersihkan, hal inilah yang menyebabkan bau mulut. Sikat gigilah setelah makan sahur dengan menggunakan pasta gigi yang mengandung fluoride.

2. Bersihkan sela gigi

Sela gigi merupakan bagian yang sulit terjangkau dengan sikat gigi. Flossing atau benang khusus gigi, dapat membantu masalah ini. Bersihkanlah sela-sela gigi untuk menghilangkan bekas makanan yang masih menempel pada gigi.

3. Menyikat lidah

Lidah merupakan sarang menumpuknya bakteri. Maka dari itu, sikatlah lidah dengan penyikat lidah yang lembut, agar tidak melukai lidah. Dengan ini, maka masalah bau mulut akan teratasi.

4. Gantilah sikat gigi secara rutin

Sikat gigi yang digunakan juga ada batas waktu pemakainnya loh. Gantilab sikat gigi jika sudah usang, sebaiknya gantilah sikat gigi lama dengan yang baru setiap tiga sampai empat bulan dan pilih sikat gigi berbulu lembut.

5. Hindari makanan berbau nyengat saat sahur

Mengonsumsi makanan yang berbau nyengat saat sahur juga dapat membuat bau pada makanan tersebut menempel di mulut. Hindarilah makanan seperti bawang, jengkol, dan juga makanan manis.

6. Rutin mengunjungi dokter gigi

Memeriksakan secara rutin ke dokter gigi merupakan langkah yang benar dalam mengatasi bau mulut. Temui dokter gigi secara teratur, biasanya dua kali setahun untuk memeriksakan dan membersihkan gigi atau gigi palsu yang digunakan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini