Tegar, Ratu Elizabeth Pimpin Keluarga dan Rakyat Inggris Lepaskan Suaminya ke Tempat Peristirahatan Terakhir

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Minggu 18 April 2021 07:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 18 612 2396494 tegar-ratu-elizabeth-pimpin-keluarga-dan-rakyat-inggris-lepaskan-suaminya-ke-tempat-peristirahatan-terakhir-1IsR3zKovu.jpg Ratu Elizabeth memimpin pemakaman (Foto: BBC)

Ratu Elizabeth II merupakan sosok yang sangat tegar. Ia dengan tabah memimpin keluarganya dan rakyat Inggris dalam proses pemakaman suaminya, Duke of Edinburgh, di dalam kompleks Kastil Windsor. Melepaskan Pangeran Philip ke tempat peristirahatannya yang terakhir.

Ratu Elizabeth berada paling dekat dengan altar di Kapel St George. Tepat di seberangnya adalah Pangeran Charles dan istrinya, Camilla Duchess of Cornwall.

 pemakaman Pangeran Philip

Seluruh bagian upacara pemakaman diselenggarakan di dalam kompleks kastil dan masyarakat diminta tidak berkumpul di sana atau di kediaman anggota keluarga kerajaan lainnya.

Seperti dilansir BBC, sekumpulan kecil anggota keluarga kerajaan - termasuk empat anak Ratu dan dua cucunya, Pangeran William dan Pangeran Harry - berjalan dalam prosesi di belakang peti jenazah mendiang Pangeran Philip. Peti tersebut dibawa dari bagian dalam kastil menuju Kapel St George menggunakan mobil Land Rover yang dirancang sendiri oleh mendiang.

Mengheningkan cipta selama semenit diadakan pada pukul 15.00 waktu setempat, sesaat sebelum kebaktian digelar.

Sembilan anggota keluarga kerajaan berjalan di belakang peti jenazah. Pada barisan pertama terdapat Pangeran Charles dan Putri Anne diikuti oleh Pangeran Edward dan Pangeran Andrew.

Pada barisan ketiga, Pangeran William dan Pangeran Harry berjalan dengan mengapit sepupu mereka, Peter Philips.

Sebelum mengheningkan cipta berlangsung, Ratu Elizabeth II tiba di kapel selagi lagu kebangsaan Inggris dimainkan. Dia masuk ke dalam kapel dan disambut Uskup Agung Canterbury.

Ratusan rakyat Inggris ikut menyaksikan ketika para personel the King's Troop Royal Horse Artillery berbaris menuju Gerbang Cambridge di Kastil Windsor pada tengah hari.

Puluhan penunggang kuda yang memakai seragam emas dan merah tampak membawa tiga senjata.

Para anggota resimen tersebut melepaskan tembakan di pekarangan bagian timur Kastil Windsor ketika peti jenazah Pangeran Philip dibawa dari kastil menuju kapel.

Sejumlah anggota masyarakat telah berada di sekitar Kastil Windsor untuk menyampaikan belasungkawa, namun secara keseluruhan kawasan itu sepi lantaran pengetatan keamanan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini