Alasan Ratu Elizabeth Duduk Sendiri di Pemakaman Pangeran Philip

Pradita Ananda, Jurnalis · Minggu 18 April 2021 10:40 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 18 612 2396572 alasan-ratu-elizabeth-duduk-sendiri-di-pemakaman-pangeran-philip-FagRoqGYaE.jpg Ratu Elizabeth duduk sendiri (Foto: BBC)

Sabtu 17 April 2021, seluruh prosesi acara pemakaman Duke of Edinburgh alias Pangeran Philip baru saja usai digelar keluarga kerajaan Inggris.

Mengingat situasi pandemi Covid-19 dengan adanya pemberlakuaan pembatasan keramaian. Hanya 30 orang yang diperbolehkan hadir dalam acara pemakaman, meskipun daftar awalnya mencapai hingga 800 orang.

Pengurangan jumlah orang yang bisa hadir di acara pemakaman ini, bukan jadi satu-satunya dampak dari peraturan di masa pandemi Covid-19. Mengutip Cosmopolitan, Minggu (18/4/2021) peraturan ketat di masa pandemi Covid-19 ini juga lah yang menjadi alasan mengapa Ratu Elizabeth II, istri mendiang Pangeran Philip duduk seorang diri di acara pemakaman.

 Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth

Sebelumnya, Istana Buckingham sendiri sudah mengonfirmasi bahwa semua pelayat yang ada di dalam Chapel St George, harus duduk di Quire berjarak dua meter dari siapapun yang bukan merupakan anggota di rumah tangga yang sama. Ratu, anggota keluarga kerajaan dan kolega terdekat yang hadir sebagai pelayat semuanya terlihat mengenakan masker.

Pemandangan Ratu yang duduk seorang diri tanpa ditemani siapapun di sisinya saat mengantar sang suami tercinta ke peristirahatan terakhirnya tersebut pun, sukses membuat para netizen ikut merasa sedih. Mengingat momen ini merupakan momen ketika sang Ratu sangat membutuhkan dukungan dari orang lain.

“Ini pemandangan yang sangat menyayat hati,” tulis seorang netizen di Twiiter.

“Ratu duduk sendiri, menjaga jarak di acara pemakaman suaminya ini akan jadi citra yang abadi. Ketika di usia 21 tahun ia berkata ia akan mengabdi pada negaranya, Ratu benar-benar bersungguh-sungguh di setiap perkataannya,” tulis aktor Omid Djalili di akun Twitter pribadinya.

Selain anggota keluarga kerajaan Inggris, hadir pula beberapa rekan dekat mendiang Pangeran Philip. Berikut daftar 30 orang yang hadir di acara pemakaman Pangeran Philip di Chapel St George, Kastil Windsor.

1. Ratu Elizabeth II

2. Pangeran Charles

3. Duchess of Cornwall (Camilla)

4. Pangeran William

5. Kate Middleton

6. Pangeran Harry

7. Duke of York

8. Putri Beatrice

9. Edoardo Mapelli Mozzi

10. Putri Eugenie

11. Jack Brooksbank

12. Earl of Wessex

13. Countess of Wessex

14. Lady Louise Windsor

15. Viscount Severn

16. The Princess Royal

17. Vice Admiral Sir Timothy Laurence

18. Peter Phillips

19. Zara Phillips

20. Mike Tindall

21. Earl of Snowdon

22. Lady Sarah Chatto

23. Daniel Chatto

24. Duke of Gloucester

25. Duke of Kent

26. Putri Alexandra

27. Bernhard, Hereditary Prince of Baden

28. Pangeran Donatus, Landgrave of Hesse

29. Pangeran Philipp of Hohenlohe-Langenburg

30. Countess Mountbatten of Burma

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini