Cara Mengobati Mulut Kering yang Jadi Gejala Baru Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 19 April 2021 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 19 481 2396901 cara-mengobati-mulut-kering-yang-jadi-gejala-baru-covid-19-jD5YwoGfnv.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Laporan terbaru National Institute of Health mengatakan bahwa hampir setengah pasien Covid-19 mengeluhkan mulut kering atau xerostomia. Karenanya disebut mulut kering bisa jadi gejala Covid-19 yang baru. Gejala ini bahkan bisa muncul beberapa hari sebelum demam dan sakit tenggorokan terjadi.

Karena itu, para peneliti dan dokter mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mengabaikan mulut kering. Sebab, kondisi tersebut memungkinkan virus atau bakteri jahat lainnya menyerang tubuh Anda karena produksi air liur yang kurang.

Mulut Kering

Air liur memiliki peran yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh, khususnya mulut dan gigi. Selain itu, air liur berfungsi sebagai pelembap alami area mulut Anda.

"Kekurangan air liur dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti bau mulut, rasa tidak nyaman di mulut, masalah kebersihan mulut, termasuk gigi berlubang, kerusakan gigi, dan penyakit mulut lainnya. Efek lainnya adalah Anda susah berbicara dan menelan," lapor laman My Cleveland Clinic.

Baca Juga : Mulut Kering Jadi Gejala Baru Covid-19

Baca Juga : Tas Amanda Manopo Disebut Mirip Buntelan, Ternyata Harganya Bisa untuk THR Sekampung!

Lantas, bagaimana cara mengatasi mulut kering?

Prosthodontis dr Thomas J. Salinas, D.D.S., menjelaskan bahwa ketika Anda mengalami mulut kering, pengobatan yang diberikan akan sangat tergantung dari penyebabnya. "Meski begitu, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menurunkan level mulut keringnya," kata dr Salinas, dikutip dari Mayo Clinic.

Obat Kumur

Berikut ini beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk menurunkan keparahan mulut kering:

1. Batasi konsumsi kafein, karena kafein secara langsung membuat mulut kering.

2. Jangan gunakan obat kumur yang mengandung alkohol, karena itu bisa membuat area mulut menjadi semakin kering.

3. Stop merokok.

4. Konsumsi air secara cukup, pastikan jangan sampai mulut terasa kering.

5. Hindari mengonsumsi obat antihistamin dan dekongestan yang dijual bebas, karena dapat memperburuk gejala.

6. Usahakan bernapas lewat hidung bukan mulut.

7. Mengunakan humidifier untuk melembapkan udara di malam hari pun direkomendasikan.

8. Hindari juga mengonsumsi makanan dan minuman asam karena dapat meningkatkan risiko kerusakan gigi. Ini bagian dari efek samping ketika mulut kering.

9. Sikat gigi dengan pasta gigi berfluorida.

"Jika langkah-langkah ini tak membantu, maka segera datangi dokter. Selain mengatasi gejala, dokter pun akan coba membantu mencari tahu penyebab mulut keringnya sehingga penanganan bisa lebih maksimal dan kesembuhan dapat meningkat kemungkinannya," tambah dr Salinas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini