Supaya Tubuh Tetap Bugar saat Puasa, Ikuti 5 Tips Aman Olahraga Ini

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 19 April 2021 11:23 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 19 481 2396994 supaya-tubuh-tetap-bugar-saat-puasa-ikuti-5-tips-aman-olahraga-ini-h9RVN7HjZs.jpg Ilustrasi olahraga saat puasa. (Foto: Katemangostar/Freepik)

MENJAGA kesehatan dan kebugaran tubuh sangat penting dilakukan, termasuk ketika menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Puasa bukan berarti boleh meninggalkan jadwal olahraga, tapi disiasatinya agar tubuh tidak kelelahan.

Jika ingin tetap olahraga saat puasa, berikut MNC Portal berikan lima tips aman, sebagaimana dirangkum dari laman Independent, Senin (19/4/2021).

Baca juga: WHO Imbau Hindari Minuman Instan saat Buka Puasa, Ini 3 Alasannya 

1. Temukan waktu terbaik

Temukan waktu terbaik olahraga untuk diri sendiri saat menjalankan ibadah puasa. Bisa mencobanya ketika malam hari. Akan tetapi jika tidak ada masalah untuk berolahraga di pagi, siang, atau sore hari; maka bisa juga melakukannya.

Olahraga. (Foto: Gymnaholic)

2. Minum banyak air

Minum air sebanyak mungkin saat sahur dan berbuka puasa. Ini dapat membantu mengurangi risiko dehidrasi di siang hari, terutama jika berencana untuk berolahraga di siang hari.

3. Makan sahur yang mengenyangkan

Makan sahur yang baik adalah yang mengandung karbohidrat kompleks. Bisa mencoba berbagai gandum dan kacang-kacangan dengan kurma serta pisang, karena ini akan memberi energi pelepasan yang lambat sepanjang hari dan membuat kenyang lebih lama.

Baca juga: Sehatnya Minuman Rempah-Rempah Khas Gresik, Cocok untuk Buka Puasa 

4. Coba latihan kekuatan

Jika penggemar latihan kekuatan, pasti tergoda untuk mengikuti jadwal kardio seperti biasa, tetapi disarankan beralih ke latihan yang tidak terlalu intens dengan repetisi yang lebih rendah dan waktu istirahat yang lebih banyak.

5. Luangkan waktu untuk pemulihan

Setiap program olahraga membutuhkan istirahat yang tertanam di dalamnya. Tetapi ketika bangun pagi untuk sholat, dan tidur larut selama Ramadhan, mungkin sulit mendapatkan tidur yang dibutuhkan. Oleh karena itu, tidur siang sangat penting untuk pemulihan.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini