Punya Segudang Manfaat, Ini Dampak Buruk Makan Kurma Berlebihan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 19 April 2021 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 19 481 2396995 punya-segudang-manfaat-ini-dampak-buruk-makan-kurma-berlebihan-K5q2C1dQ2V.jpg Kurma (Foto : Healthline)

Mengonsumsi makanan manis, tentu menjadi pilihan yang paling tepat untuk berbuka puasa. Dari sekian banyak makanan yang tersedia, mengonsumsi kurma adalah pilihan paling tepat yang bisa dilakukan masyarakat.

Ya, kurma menjadi buah yang paling populer selama bulan Ramadhan karena rasanya yang manis. Banyak masyarakat yang percaya bahwa berbuka puasa dengan buah kurma sangat bagus bagi kesehatan.

Kurma

Bukan karena rasanya yang manis, namun karena sejumlah manfaat yang terkandung dalam buah ini. Lantas apa saja sih kandungan yang ada dalam buah kurma?

Merangkum dari laman Instagram Bidang Koordinasi Relawan @satgas.relawan, Senin (19/4/2021), buah kurma memang terkenal akan khasiatnya sejak lama, bahkan Nabi Muhammad S.A.W pun berbuka puasa dengan mengonsumsi segelas air putih dan tiga butir kurma. Berikut tiga manfaat buah kurma bagi kesehatan, yuk disimak.

1. Buah kurma kaya akan kandungan gula, serat, mineral, fitonutrien, dan juga vitamin C.

2. Buah kurma mudah dicerna sehingga dapat menjadi sumber energi dan nutrisi yang cepat.

3. Konsumsi kurma setelah seharian berpuasa dapat membantu kadar glukosa darah tubuh kembali normal.

Baca Juga : Tips Memilih dan Menyimpan Kurma agar Kualitasnya Terjaga

Baca Juga : Arya Saloka Sahur Makan Kurma, Ternyata Ini Manfaatnya!

Dengan segudang manfaatnya, maka tak heran jika buah yang satu ini kerap menjadi andalan selama bulan Ramadhan. Namun, perlu diingat meskipun memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, kurma juga akan memiliki dampak buruk bagi kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Langsung saja, berikut dampak mengonsumsi kurma secara berlebihan seperti dilansir Livestrong.

Kenaikan berat badan

Kurma

Kalori yang tersemat dalam kurma cukup tinggi. Sebut saja pada kurma Medjool. Menurut sejumlah ahli, kurma jenis tersebut memiliki 111 kalori meskipun dalam porsi kecil. Jika dikonsumsi secara berlebihan, akan terjadi penumpukan kalori yang pada akhirnya berujung pada kenaikan berat badan.

Penyakit jantung

Tingginya kadar gula dalam kurma juga berpotensi besar menimbulkan sejumlah penyakit menyeramkan. Beberapa di antaranya sebut saja diabetes tipe-2, penyakit jantung, bahkan obesitas.

Sebabkan masalah pencernaan

Kurma

Demi kelancaran sistem pencernaan, seseorang memang dianjurkan untuk rutin mengonsumsi makanan kaya serat, salah satunya adalah kurma. Meski demikian, bukan berarti Anda bisa melahapnya sesuka hati. Perlu Anda tahu, kurma mengandung serat yang cukup tinggi, yang mana bila dikonsumsi secara berlebih bisa menyebabkan masalah pencernaan, seperti kelebihan gas, sembelit, bahkan kembung.

Picu diare

Rasa manis kurma berasal dari fruktosa yang merupakan gula alami. Nah, bagi orang yang kesulitan mencerna gula, terlalu banyak mengonsumsi kurma dapat memicu sejumlah penyakit semisal sakit perut hingga diare. Intinya, konsumsilah kurma dalam batas wajar!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini