Ustadz Zacky Mirza Pingsan saat Ceramah, Apa Penyebabnya?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 19 April 2021 12:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 19 481 2397041 ustadz-zacky-mirza-pingsan-saat-ceramah-apa-penyebabnya-YFqzRCbz6E.jpg Ustadz Zacky Mirza (Foto : Instagram/@zackymirza_)

Ustadz Zacky Mirza alami pingsan saat ceramah di Pekanbaru, Riau, Minggu malam, sekira pukul 22.00 waktu setempat. Usai pingsan, Ustadz Zacky langsung dibawa ke puskesmas untuk mendapat penanganan lebih lanjut.

Ustadz Zacky Mirza diketahui sedang ada safari dakwah dengan tujuan mencari wakaf Alquran. Kejadian ini membuat dirinya harus mendapat tindakan medis untuk memulihkan kondisi kesehatannya.

Ustad Zacky Mirza

Ada dugaan Ustadz Zacky Mirza pingsan karena keletihan. Hal ini diterangkan Hardy selaku perwakilan tim Ustadz Zacky Mirza. "Tapi, pas di sana (Riau), Ustadz memang kecapekan," katanya pada MNC Portal Indonesia, belum lama ini.

Baca Juga : Ustadz Zacky Mirza Pingsan saat Ceramah

Baca Juga : Pingsan saat Dakwah, Ustadz Zacky Mirza Dirujuk ke RS Efarina

Di sisi lain, seseorang bisa sampai pingsan karena banyak faktor. Pingsan sendiri dalam dunia medis diartikan kondisi hilangnya kesadaran secara tiba-tiba karena kurangnya aliran darah ke otak. Orang yang pingsan biasanya bangun dengan cepat setelah pingsan.

"Gejala paling umum sebelum pingsan adalah tubuh merasa sangat hangat diikuti rasa lelah berlebih, dan akhirnya hilang kesadaran secara tiba-tiba. Pada beberapa kasus, diikuti dengan keringat dingin," lapor laman Very Well Health.

Terkait dengan penyebab seseorang bisa pingsan, dikatakan di sana ada 4 faktor:

1. Dehidrasi

Saat kekurangan cairan, tekanan darah menurun dan menstimulus saraf vagus ketika sistem sudah rendah.

2. Syok

Syok juga dapat membuat tekanan darah menurun dratis secara tiba-tiba. Ketika seseorang syok, dia akan merasa bingung, kehilangan kesadaran, dan akhirnya pingsan. Ini semua bisa terjadi sangat cepat.

3. Detak jantung terlalu cepat atau terlalu lambat

Jika jantung berdetak terlalu cepat atau terlalu lambat, jantung tak dapat menjaga tekanan darah sehingga tubuh tidak seimbang. Pada kondisi serangan jantung, otot jantung bisa menjadi terlalu lemah untuk mempertahankan tekanan darah.

4. Efek lain

Ada masalah lain yang bisa membuat seseorang pingsan, misalnya mereka yangmelihat darah, atau hal lain yang membuat dia sangat takut. Stres akibat takut ini dapat merangsang saraf vagus pada beberapa orang dan menyebabkan hilangnya kesadaran.

Saraf vagus merangsang sistem saraf parasimpatis yang memperlambat denyut nadi dan menurunkan tekanan darah. Beberapa orang hipersensitif terhadap saraf vagus dan rangsangan itu dapat menyebabkan hilangnya kesadaran pada kelompok orang ini.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini