Jaga Kesehatan saat Puasa, Konsumsi Gizi Seimbang

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Senin 19 April 2021 14:04 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 19 481 2397132 jaga-kesehatan-saat-puasa-konsumsi-gizi-seimbang-kDA5lYUSVF.jpg Puasa (Foto: The Conversation)

Saat ini umat Islam sedang menjalankan ibadah puasa di tengah pandemi Covid-19. Menjalankan puasa di tengah pandemi, tentu saja membuat masyarakat harus senantiasa menjaga pola makan saat sahur dan berbuka dengan baik.

“Saat sahur dan berbuka, sediakan menu berbuka lebih baik dari pada menu makan biasanya. Karena kita hanya makan dua kali sehari yakni sahur dan saat buka puasa. Maka ini harus dijaga dengan konsumsi gizi seimbang ditambah dengan vitamin dan suplemen yang memang dibutuhkan terutama di saat masa pandemi ini,” ujar Dokter Santi, Senin, (19/4/2021).

 makanan dengan gizi seimbang

Guna memperoleh gizi seimbang, ujar Dokter Santi, pola makan harus sehat. Artinya makan harus bervariasi mulai dari karbohidrat, lemak, protein, vitamin dan mineral.

Pola makan sehat sehat tidak selalu mahal. Sayur bayam, tempe atau tahu dan sambal sudah memenuhi kebutuhan serat, protein dan karbohidrat. Selain pola makan yang sehat, juga tetap berolah raga untuk menjaga imunitas dengan intensitas ringan dan sedang.

“Kalaupun mau olahraga, intensitas ringan dan intensitas sedang. Selain dua hal tadi, pastikan kita istirahat cukup, sebab saat puasa kan biasanya kita kurang tidur. Jadi perhatikan juga istirahat kita,” ujar Dokter Santi.

Terkait mengonsumsi suplemen, Dokter Santi menjelaskan, boleh mengonsumsi suplemen namun yang terdaftar secara resmi di BPOM atau juga SNI. Apalagi BPOM adalah Lembaga pemerintah yang menyatakan sebuah produk aman dikonsumsi.

“Selain aman, pastikan mengkonsumsinya sesuai dengan kebutuhan dan jangan berlebihan karena ambang batas dan juga ketahanan seseorang dengan orang lainnya terhadap suplemen tidak sama,” kata Dokter Santi.

Dokter Santi juga menekankan, masyarakat selain menjaga pola makan sehat, juga wajib menjaga asupan cairan demi kesehatan tubuh.

Saat berpuasa, menurutnya, jangan sampai kekurangan cairan, makanya saat sahur dan berbuka harus memperhatikan asupan cairan dengan banyak minum.

Sementara itu, Agus Wijaya, Marketing Manager Kratingdaeng RedBull menambahkan, saat menjalankan puasa sekarang ini sangatlah perlu memperhatikan gaya hidup sehat yang mencakup pola makan gizi seimbang, olahraga, dan istirahat cukup. Kalaupun mengonsumsi suplemen, maka pilihlah yang sesuai dengan kondisi tubuh masing-masing dan menyehatkan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini