Asal Dapat Nutrisi Seimbang, Anak Aman Puasa di Tengah Pandemi

Wahyudi Aulia Siregar, Jurnalis · Senin 19 April 2021 14:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 19 481 2397157 asal-dapat-nutrisi-seimbang-anak-aman-puasa-di-tengah-pandemi-Q7wiBepx08.jpg Ilustrasi anak-anak puasa Ramadhan. (Foto: Freepik)

ANAK harus sejak dini diajarkan menjalankan ibadah puasa Ramadhan. Tujuannya agar mereka lebih terbiasa menunaikannya ketika sudah beranjak dewasa. Pengajaran puasa ini dinilai akan makin bermanfaat terutama di masa pandemi covid-19 yang membutuhkan kesabaran tingkat tinggi.

Orangtua tidak perlu khawatir daya tahan tubuh anak akan menurun selama puasa, sehingga tidak mampu melawan kuman dan virus penyakit.

Baca juga: Benarkah Pakai Masker saat Puasa Sebabkan Bau Mulut Lebih Parah? 

Ahli nutrisi Dokter Muliaman Mansyur mengatakan bahwa selama anak dipastikan mendapatkan asupan nutrisi yang memadai saat sahur dan buka puasa, daya tahan tubuhnya tidak akan menurun.

"Kunci utama menjaga anak tetap bugar dan daya tahan tubuhnya tetap kuat adalah mengonsumsi makanan bergizi seimbang. Saat puasa di tengah pandemi covid-19, orangtua bisa menerapkan pola makan dengan gizi seimbang dan cukup cairan pada anak saat sahur dan berbuka puasa," papar dia dalam keterangannya, Senin (19/4/2021).

Info grafis anak puasa Ramadhan. (Foto: Okezone)

Terkait daya tahan tubuh anak, riset menunjukkan bahwa orangtua saat ini memang sudah makin menyadari efek positif nutrisi pada kesehatan dan daya tahan tubuh anak mereka, termasuk kesadaran akan pentingnya asupan nutrisi yang sehat.

"Pada saat berpuasa atau belajar puasa, anak tetap membutuhkan nutrisi harian yang terdiri dari nutrisi makro (karbohidrat, protein, lemak), dan nutrisi mikro (vitamin dan mineral) agar setiap proses biologis yang terjadi dalam tubuhnya dapat berjalan dengan optimal," paparnya.

Baca juga: Berdampak Buruk, 5 Makanan Ini Wajib Dihindari saat Buka Puasa 

Oleh karenanya, lanjut dia, selain nutrisi tersebut perlu juga dilengkapi beberapa nutrisi yang diyakini bisa meningkatkan daya tahan tubuh, salah satunya adalah asupan probiotik dan prebiotik.

"Penting bagi orangtua memastikan agar anak mendapatkan semua zat gizi yang dibutuhkannya pada saat sahur dan berbuka puasa," jelasnya.

Probiotik, terang dia, adalah bakteri baik yang hidup di saluran pencernaan. Sedangkan prebiotik adalah sejenis serat yang menjadi sumber makanan bakteri baik, termasuk probiotik, agar bisa tumbuh, berkembang, dan bekerja dengan efisien.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini