Cegah Kulit Kering, Hindari Mandi Lama Pakai Air Panas

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 03:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 19 611 2397412 cegah-kulit-kering-hindari-mandi-lama-pakai-air-panas-3avKYwRUGh.jpg Ilustrasi mencegah kulit kering. (Foto: Senivpetro/Freepik)

KULIT kering bisa membuat tidak percaya diri. Kulit kering bisa disebabkan beberapa faktor, di antaranya suhu, kosmetik, atau pembersih yang digunakan. Saat kering, kulit juga menjadi lebih sensitif dan rentan terhadap ruam atau kerusakan lainnya.

Tapi jangan khawatir, kondisi kulit kering bisa diobati. Dikutip dari laman Ustraa, Selasa (20/4/2021), berikut lima tips mengobati kulit kering.

Baca juga: Cara Merawat Kulit saat Puasa Biar Enggak Kering dan Kusam 

1. Jaga kelembapan kulit

Pakai pelembap di waktu yang tepat adalah kunci untuk meningkatkan kelembapan kulit. Untuk hasil terbaik, seseorang harus mengoleskan krim atau pelembap dalam 5 menit setelah keluar dari kamar mandi dan sebelum tidur.

Kulit wajah. (foto: Prostooleh/Freepik)

2. Minum banyak air

Minum 8 gelas air setiap hari adalah cara terbaik untuk kulit kering. Menggunakan yoghurt atau minyak kelapa pada kulit kering juga membantu menjaga kulit tetap terhidrasi.

3. Hindari mandi lama dengan air panas

Mandi lama dengan air panas menghilangkan minyak alami kulit, sebum, dan membuat kulit bersisik serta kering. Lakukan mandi cepat 10 menit menggunakan air hangat untuk mengurangi risiko kulit kusam dan kering.

Baca juga: Skincare Jenis Hydrating Bikin Kulit Terjaga Kelembabannya 

4. Tidak menggunakan sabun kasar

Tingkat pH yang tinggi dan wewangian buatan dalam sabun dapat menyebabkan peradangan serta kekeringan kulit. Kulit kering harus memilih sabun kulit yang memiliki minyak kelapa dan Gliserin untuk meremajakan dan meningkatkan kelembapan kulit.

5. Olahraga teratur

Olahraga dapat meningkatkan elastisitas kulit dan memberi kelembapan kulit serta membantu mengurangi efek buruk dari kulit kering. Jangan lupa juga untuk mengganti baju dan sepatu setelah olahraga.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini