Tips Isolasi Mandiri di Rumah dari Dokter Anak

Pradita Ananda, Jurnalis · Senin 19 April 2021 17:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 19 612 2397310 tips-isolasi-mandiri-di-rumah-dari-dokter-anak-AQBKekyev7.jpg Ilustrasi. (Foto: Freepik)

MESKIPUN angka penderita Covid-19 mulai mengalami penurunan, bukan berarti kita bisa keluar tanpa menjalankan protokol kesehatan yang ketat. Meski demikian bisa saja kita terpapar Covid-19, tapi tidak perlu panik jika tidak memiliki penyakit komorbid.

Mengikuti anjuran Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) mengenai isolasi mandiri, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan atau mungkin jika salah satu anggota keluarga terpapar Covid-19, yakni:

isolasi mandiri

Saat isolasi mandiri di rumah, sebaiknya melakukan hal-hal berikut:

- Tetap berada di rumah, berada di ruangan terpisah dari anggota keluarga yang lain, jaga jarak dengan orang lain minimal I meter.

- Menghindari pemakaian bersama alat makan, alat mandi, handuk, pakaian, dan barang-barang lainnya, serta semua alat makan harus dicuci dengan air dan sabun hingga bersih.

- Memastikan ventilasi rumah baik, jendela sebaiknya dibuka.

- Membersihkan dan melakukan desinfeksi permukaan benda-benda di rumah (meja, kursi, dan lain-lain) serta memisahkan tisu dan pakaian yang digunakan pasien dan orang sehat.

- Selalu menggunakan masker. Jika harus keluar rumah, hindari menggunakan transportasi umum, hindari tempat ramai.

- Mencuci/desinfeksi mainan dengan alkohol 70% atau desinfektan yang mengandung chlorine atau pemanasan 60°C selama 30 menit.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini