Baguskah Pisang untuk Penurunan Berat Badan?

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 09:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 298 2397569 baguskah-pisang-untuk-penurunan-berat-badan-9inGzDNdXf.jpg Pisang (Foto: Food Network)

Buah pisang dikenal sebagai camilan untuk dikonsumsi karena mengandung banyak kalori dan juga pemanis alami. Pisang memiliki berbagai manfat salah satunya sebagai penurun berat badan atau dikenal diet.

Selain itu, pisang baik sebagai camilan sebelum dan sesudah olah raga. Pisang terkenal mengandung kalium elektrolit yang tinggi serta sumber karbohidrat yang mudah dicerna.

 pisang

Dikutip dari Mens Health, pisang dinilai lebih tinggi gula daripada beberapa buah lainnya. Tapi, gula yang kita bicarakan di sini adalah gula alami, tidak ditambahkan seperti dalam permen.

“Gula dari pisang tidak buruk untuk Anda, dan tidak masalah untuk makan pisang dalam jumlah sedang jika ingin menurunkan berat badan,” kata Pakar Nutrisi Charlotte Martin.

Sementara kandungan nutrisi pada satu pisang berukuran sedang mengandung lebih dari tiga gram serat dan 12 persen dari kalium. Serat dan potasium baik untuk kesehatan jantung.

"Saya merekomendasikan semua orang, terutama mereka yang ingin menurunkan berat badan, mengonsumsi sebagian besar asupan gula mereka dari sumber alami, seperti pisang dan buah-buahan lainnya," jelasnya.

Jadi, berapa banyak pisang yang harus dikonsumsi tiap hari?

Sumber gula dari buah dan serat merupakan jenis karbohidrat yang dapat memaksimalkan makanan yang dikonsumsi.

“Saya biasanya merekomendasikan orang yang ingin mempertahankan atau menurunkan berat badannya untuk mengonsumsi dua porsi pisang per hari,"pungkasnya.

Namun jika anda sangat aktif atau kebuttuhan kalori meningkat, makanan seperti keju, selai kacang, atau yoghurt dapat dijadikan pasangan protein dengan buah pisang. Sebab, dapat membantu meningkatkan rasa kenyang dan menstabilkan kadar gula darah.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini