Bolehkah Minum Kopi saat Sahur? Ini Jawaban Dokter

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 10:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 298 2397601 bolehkah-minum-kopi-saat-sahur-ini-jawaban-dokter-VUwVOgSxPp.jpg Minum kopi saat sahur (Foto: About Islam)

Banyak dari Anda memiliki kebiasaan minum kopi di pagi hari. Saat puasa, kebiasaan itu akhirnya mundur ke jam sahur. Tapi, apakah boleh sahur minum kopi?

Seperti kita tahu, kopi mengandung kafein yang tidak bisa diterima tubuh semua orang. Ya, ada beberapa orang yang intoleran dengan kafein yang menyebabkan efek nyeri lambung, jantung berdebar, hingga sensasi tidak nyaman di area mulut.

 kopi

Sedangkan, untuk mereka pencinta kafein, zat aktif tersebut malah dinantikan agar tubuh terasa lebih segar dan berstamina. Nah, perasaan itu yang kemudian dimanifestasi ke suasana puasa. Dengan minum kopi saat sahur, diharapkan tubuh lebih fit dan berenergi.

Tapi, Pakar Kesehatan Prof Ari Fahrial Syam tidak menyarankan Anda minum kopi di saat sahur, sekalipun Anda kecanduan kopi. Hal ini akan memberi efek buruk pada ketersediaan air dalam tubuh.

"Kami tidak menganjurkan siapapun minum kopi saat sahur, karena minuman itu akan memberi efek buang air kecil yang berlebihan," ungkap Prof Ari dalam keterangan virtual, beberapa waktu lalu.

Dalam laman Dinas Kesehatan Yogyakarta diterangkan, kafein menyebabkan otot kandung kemih melemah. Ini menyebabkan tempat penampungan air seni tidak bisa menampung terlalu banyak cairan di dalamnya. Alhasil, bikin Anda beser atau sering buang air kecil.

Sementara itu, Prof Ari yang juga merupakan dokter spesialis penyakit dalam tidak mempermasalahkan jika Anda mau minum kopi saat Ramadhan. Namun, di waktu malam hari, tapi ingat tidak saat berbuka puasa.

"Kalau mau minum kopi, silahkan saat malam hari setelah selesai makan besar buka puasa. Minum kopi di momen ini tujuannya biar enggak ngantuk saat tarawih. Dengan catatan, lho, lambung Anda memang oke," terangnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini