Deretan Manfaat Buah Nanas, Sehatkan Kulit hingga Cegah Kanker

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 17:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 298 2397641 deretan-manfaat-buah-nanas-sehatkan-kulit-hingga-cegah-kanker-Umyd4s6vSl.jpg Ilustrasi buah nanas. (Foto: Inventsolutions/Freepik)

NANAS adalah buah tropis yang sehat, terkenal dengan rasanya yang tajam dan enak. Secara ilmiah dikenal sebagai Ananas comosus, nanas atau Ananas berasal dari Amerika Selatan, di mana penjelajah Eropa awal memberinya nama karena kemiripannya dengan biji pinus. Tadinya dianggap sebagai buah eksotis, tetapi sekarang cukup umum di seluruh dunia.

Buah nanas dapat dinikmati dalam bentuk padat, kering, dan jus. Selain rasanya enak, nanas juga dikenal dengan manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Buah ini telah lama digunakan untuk mengatasi masalah pencernaan dan peradangan.

Dirangkum dari laman Times of India, Selasa (20/4/2021), berikut deretan nutrisi serta manfaat dari buah nanas.

Baca juga: Studi: Batang Nanas Berpotensi Jadi Obat Penangkal Covid-19 

1. Kandungan nutrisi buah nanas

Nanas adalah anggota keluarga bromeliad. Berdasarkan penjelasan Pusat Tanaman Baru dan Produk Tanaman Universitas Purdue, bromeliad adalah satu-satunya yang menghasilkan buah yang dapat dimakan. Nanas terbuat dari banyak bunga individu yang anak buahnya telah bergabung di sekitar inti. Setiap skala nanas adalah bunga atau beri individu.

Dalam hal nutrisi, nanas mengandung vitamin C dan mangan dalam jumlah tinggi. Masing-masing menyediakan 131 persen dan 76 persen dari rekomendasi harian. Buah rendah kalori ini juga kaya serat makanan dan bromelain (enzim yang berperan penting dalam menjaga kesehatan).

Buah nanas. (Foto: Dashu83/Freepik)

2. Membantu meringankan masalah pencernaan

Nanas juga dikenal dapat meredakan masalah pencernaan. Enzim bromelain hadir dalam jumlah tinggi dalam nanas, membantu memecah molekul protein menjadi blok pembangunnya. Ini membantunya diserap di usus kecil dengan lebih mudah, memberikan kelegaan dari segala jenis masalah pencernaan.

Makan nanas sangat bermanfaat bagi penderita insufisiensi pancreas atau suatu kondisi di mana pankreas tidak dapat membuat cukup enzim pencernaan. Selain itu, berkat kandungan serat dan airnya yang tinggi, nanas juga dapat mencegah sembelit serta menjaga kesehatan lapisan usus.

3. Mengurangi risiko kanker

Beberapa penelitian yang dilakukan pada masa lalu menunjukkan bahwa senyawa yang ada dalam nanas juga dapat membantu melawan kanker. Ini biasanya dikaitkan dengan stres oksidatif dan peradangan kronis.

Tes laboratorium menunjukkan bahwa bromelain dapat menekan pertumbuhan sel kanker payudara dan merangsang kematian sel. Ini dapat efektif dalam menekan kanker di kulit, saluran empedu, sistem lambung dan usus besar.

Baca juga: Cara Memotong Nanas dengan Benar, Simak Ya 

4. Meningkatkan kekebalan tubuh

Nanas mengandung berbagai macam vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan kekebalan tubuh dan menekan segala jenis peradangan. Memiliki nanas juga dapat menurunkan risiko infeksi virus dan bakteri.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang memakan nanas bisa pulih dari infeksi sinus secara signifikan lebih cepat dibandingkan pengobatan standar. Diyakini bahwa sifat anti-inflamasi buah ini dapat membantu sistem kekebalan tubuh.

5. Bagus untuk kulit

Buah yang kaya vitamin C dan beta karoten bisa sangat bermanfaat bagi kulit saat dikonsumsi atau dioleskan secara topikal. Ini dapat membantu melawan kerusakan kulit yang disebabkan oleh matahari dan polusi, mengurangi keriput, serta memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan. Vitamin C juga dapat membantu pembentukan kolagen.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini