Tips Anak Mau Makan Sayur saat Sahur dan Buka Puasa

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 12:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 298 2397683 tips-anak-mau-makan-sayur-saat-sahur-dan-buka-puasa-1wZq8OPRJo.jpg Sayur (Foto: Good House Keeping)

Sudah seminggu puasa Ramadhan, tapi si kecil yang sedang belajar puasa tidak suka makan sayur saat sahur dan berbuka. Anda sebagai orangtua tentu khawatir dengan sistem pencernaannya.

Tidak bisa dipungkiri, banyak anak tak suka makan sayur. Buat mereka, panganan yang satu itu rasanya kurang enak di lidah. Alhasil, orangtua harus putar otak supaya si kecil tetap mengonsumsi sayur karena itu makanan sehat.

 anak malas makan sayur

Bukan hanya tinggi serat, tapi kaya vitamin dan mineral. Rutin mengonsumsi sayur saat sahur dan berbuka puasa tentu akan menyehatkan tubuh si kecil.

Pakar Kesehatan Prof Aryono Hendarto menerangkan, sayur amat penting bagi proses tumbuh kembang anak. Asupan sayur yang cukup akan memaksimalkan proses tersebut, sehingga tubuh si anak dapat bekerja dengan maksimal.

Terkait dengan trik membuat si kecil mau makan sayur saat sahur atau berbuka puasa, Prof Aryono mengatakan, ada dua cara yang bisa dicoba para orangtua.

"Pertama, untuk para ibu atau bapak, bawa si kecil ke dapur. Perlihatkan pada mereka sayur-sayur yang akan Anda olah menjadi makanan. Beritahu namanya dan kalau sudah jadi makanan, namanya apa," terang Prof Aryono belum lama ini.

Tidak hanya dikenalkan nama-namanya, tapi Anda sebagai orangtua, sambung Prof Aryono, juga beritahu apa manfaat dari sayuran tersebut untuk kesehatan. "Informasi-informasi sederhana saja," sambungnya.

Lalu, cara lain yang bisa dilakukan agar si kecil mau makan sayur saat sahur dan berbuka puasa adalah mengalihkan vitamin, serat, dan mineral yang terkandung di dalam sayur dalam bentuk puding atau agar-agar.

"Kalau misal si kecil belum mau juga olahan sayur langsung, maka Anda bisa berikan mereka puding, agar-agar, jeli, atau biskuit yang lebih digemari si kecil. Intinya, Anda tetap memasukkan manfaat yang ada di dalam sayur tetapi lewat makanan lain," tambah Prof Aryono.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini