Ini Cara Terbaik Menyimpan Sayur dan Buah agar Kualitasnya Terjaga

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 14:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 298 2397791 ini-cara-terbaik-menyimpan-sayur-dan-buah-agar-kualitasnya-terjaga-0HxPftrJ8J.jpg Ilustrasi sayur dan buah. (Foto: Marijana1/Pixabay)

BANYAK orang membeli sayur dan buah tanpa tahu berapa lama bisa tetap segar setelah dipanen. Alhasil, kejadian busuk di kulkas kerap dialami dan pada akhirnya sayur serta buah dibuang percuma.

Ahli gizi klinis dr Luciana B Sutanto SpGK menjelaskan bahwa sudah sepatutnya memasak makanan dari bahan-bahan yang masih segar. Sebab, itu akan menentukan kualitas dari makanan yang Anda konsumsi.

Baca juga: Berdampak Buruk, 5 Makanan Ini Wajib Dihindari saat Buka Puasa 

Oleh karena itu, dr Luci menyarankan jangan terlalu lama menyimpan sayur dan buah di kulkas. "Usahakan setelah dibeli sayur dan buah dikonsumsi karena masih segar, jangan sampai Anda makan sayur yang sudah layu karena terlalu lama disimpan," paparnya dalam webinar, Selasa (20/4/2021).

Sayur dan buah. (Foto: Healththoroughfare)

Ia menambahkan, pemilihan tempat penyimpanan sayur dan buah juga menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Usahakan untuk menyimpan sayur dan buah di lokasi yang memastikan kesegaran bahan makanan tetap terjaga dengan baik.

"Menyimpannya juga harus baik. Intinya, jangan tunggu sampai sayur atau buah layu baru diolah. Ingat, Anda mengolah makanan juga harus dengan tujuan supaya mendapatkan manfaat nutrisi dari bahan makanannya. Kalau sudah tidak segar, kualitas makanan pasti sudah tidak baik lagi," tambahnya.

Baca juga: Cegah Dehidrasi saat Bulan Puasa, Makanan dan Minuman Ini Harus Dihindari 

Di sisi lain, khusus untuk daging ayam dan daging salmon, disarankan agar menyimpan dua jenis daging tersebut di suhu minus 2 derajat Celsius.

"Suhu minus 2 derajat Celsius adalah suhu paling ideal mempertahankan tekstur dan kualitas daging ayam dan daging salmon. Pada suhu minus 2 derajat celsius, daging ayam bisa tahan hingga 13 hari, sedangkan salmon tahan 11 hari," papar praktisi kesehatan Hendra Pawitra di acara yang sama.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini