Agar Cairan Tubuh Tidak Hilang saat Puasa, Coba Konsumsi 4 Buah Ini

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 15:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 298 2397845 agar-cairan-tubuh-tidak-hilang-saat-puasa-coba-konsumsi-4-buah-ini-g8vyx0qq8F.jpg Semangka (Foto: Healthline)

Berpuasa memiliki sederet manfaat bagi tubuh. Ketika seseorang menjalankan ibadah puasa sesungguhnya tubuh kita melakukan proses detoksifikasi (pembuangan zat-zat/racun yang tidak diperlukan tubuh) secara optimal.

Selain itu, ketika puasa sel-sel dalam organ tubuh kita melakukan proses regenerasi (pembaharuan sel) dengan baik. Akan tetapi, tubuh akan kekurangan cairan saat berpuasa, dan salah satu makanan terbaik yang dapat menghidrasi tubuh adalah buah-buahan.

Nah, jika Anda ingin memiliki tubuh yang bugar di bulan Ramadan ini, berikut 5 jenis buah-buahan dengan kandungan tinggi air yang bisa Anda konsumsi berdasarkan rekomendasi ahli gizi dan ahli diet, Vidhi Chawla yang dilansir Pink Villa.

timun

1. Timun

Mentimun tidak hanya bergizi tetapi juga serbaguna dan kaya antioksidan, menjadikannya salah satu sayuran musim panas paling populer. Timun mengandung hampir 95 persen air, jadi memakannya saat puasa dapat membantu Anda tetap terhidrasi.

2. Semangka

Semangka adalah salah satu buah yang paling menghidrasi yang bisa Anda makan karena mengandung 92 persen air. Semangka kaya akan vitamin A dan C, serta likopen, yang keduanya membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari.

3. Berries

Segenggam stroberi mengandung 95 persen air sehingga tubuh tidak kekurangan banyak cairan saat puasa. Stroberi, blueberry, raspberry, dan blackberry kaya akan vitamin C, antioksidan, dan antosianin, serta tinggi serat.

Buah beri bermanfaat untuk mata, kulit, dan kuku, serta membantu mengurangi peradangan dan penyakit kronis. Salah satu minuman terbaik untuk memulihkan energi setelah seharian berpuasa adalah air infus stroberi.

4. Tomat

Tomat adalah sumber hidrasi yang sangat baik, terutama bila dimakan mentah karena mengandung 95 persen air. Tomat juga tinggi antioksidan seperti likopen, vitamin C dan K, kalium, dan kalsium. Tomat dapat dimakan mentah dalam salad dan jus, serta dimasak sebagai pelengkap sayur.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini