Rio Reifan Kembali Diciduk Polisi, Berikut 5 Bahaya Narkoba!

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 11:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 481 2397630 rio-reifan-kembali-diciduk-polisi-berikut-5-bahaya-narkoba-AsHVtJBq28.jpg Rio Reifan (Foto: Inst)

Artis Rio Reifan kembali diciduk polisi karena kasus penyalahgunaan narkotika. Pria yang sudah bolak balik mendekam di jeruji besi tersebut diciduk Polres Metro Jakarta Pusat di kediamannya pada Senin 19 April 2021, malam.

Sebagaimana diketahui, lingkaran narkotika telah menjerat Rio berkali-kali. Namun sayangnya Rio masih belum jera dengan kebiasaan buruknya tersebut.

Merangkum dari laman resmi Badan Narkotika Nasional (BNN), Selasa (20/4/2021), penyalahgunaan narkoba  bisa berdampak pada hidup dan kesehatan seseorang. Mudahnya mendapat bahan berbahaya tersebut membuat penggunanya semakin meningkat.

Tentunya terdapat banyak bahaya narkoba bagi hidup dan kesehatan manusia. Beberapa diantaranya adalah:

narkoba

1. Dehidrasi

Penyalahgunaan zat tersebut bisa menyebabkan keseimbangan elektrolit berkurang. Akibatnya badan kekurangan cairan. Jika efek ini terus terjadi, tubuh akan kejang-kejang, muncul halusinasi, perilaku lebih agresif, dan rasa sesak pada bagian dada. Jangka panjang dari dampak dehidrasi ini dapat menyebabkan kerusakan pada otak.

2. Halusinasi

Halusinasi menjadi salah satu efek yang sering dialami oleh pengguna narkoba seperti ganja. Tidak hanya itu saja, dalam dosis berlebih juga bisa menyebabkan muntah, mual, rasa takut yang berlebih, serta gangguan kecemasan. Apabila pemakaian berlangsung lama, bisa mengakibatkan dampak yang lebih buruk seperti gangguan mental, depresi, serta kecemasan terus-menerus.

3. Menurunnya tingkat kesadaran

Pemakai yang menggunakan obat-obatan tersebut dalam dosis yang berlebih, efeknya justru membuat tubuh terlalu rileks sehingga kesadaran berkurang drastis. Beberapa kasus si pemakai tidur terus dan tidak bangun-bangun. Hilangnya kesadaran tersebut membuat koordinasi tubuh terganggu, sering bingung, dan terjadi perubahan perilaku. Dampak narkoba yang cukup berisiko tinggi adalah hilangnya ingatan sehingga sulit mengenali lingkungan sekitar.

4. Kematian

Dampak narkoba yang paling buruk terjadi jika si pemakai menggunakan obat-obatan tersebut dalam dosis yang tinggi atau yang dikenal dengan overdosis. Pemakaian sabu-sabu, opium, dan kokain bisa menyebabkan tubuh kejang-kejang dan jika dibiarkan dapat menimbulkan kematian. Inilah akibat fatal yang harus dihadapi jika sampai kecanduan narkotika, nyawa menjadi taruhannya.

5. Gangguan kualitas hidup

Narkoba dapat memengaruhi kualitas hidup misalnya susah berkonsentrasi saat bekerja, mengalami masalah keuangan, hingga harus berurusan dengan pihak kepolisian jika terbukti melanggar hukum.

Pemakaian zat-zat narkotika hanya diperbolehkan untuk kepentingan medis sesuai dengan pengawasan dokter dan juga untuk keperluan penelitian.

Selebihnya, obat-obatan tersebut tidak memberikan dampak positif bagi tubuh. Yang ada, kualitas hidup menjadi terganggu, relasi dengan keluarga kacau, kesehatan menurun, dan yang paling buruk adalah menyebabkan kematian.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini