4 Hal Ini Akan Terjadi pada Tubuh jika Kurang Makan Sayuran

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 11:35 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 481 2397650 4-hal-ini-akan-terjadi-pada-tubuh-jika-kurang-makan-sayuran-bh1WB3ym5q.jpg Ilustrasi sayuran. (Foto: Onlyyouqj/Freepik)

SAYURAN adalah asupan yang mengandung banyak vitamin, mineral, dan serat menyehatkan. Sayuran bahkan dapat membantu melindungi dari kanker, diabetes, dan penyakit jantung.

Serat makanan dari sayuran dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah dan meningkatkan asam folat dalam darah.

Baca juga: Luar Biasa, Wortel Ampuh Tingkatkan Kesehatan Mata hingga Jantung 

Tapi perlu diketahui bahwa jangan sampai tubuh kekurangan sayuran. Ada banyak risiko yang bisa terjadi.

Dirangkum dari laman Boldsky, Selasa (20/4/2021), berikut yang akan terjadi pada tubuh jika kekurangan sayuran.

Sayuran. (Foto: Healththoroughfare)

1. Mudah memar

Mengonsumsi lebih sedikit vitamin C dapat menyebabkan mudah memar, gusi berdarah, kelemahan, kelelahan, ruam, dan menurunkan kecepatan penyembuhan luka. Makan makanan kaya vitamin C seperti paprika merah, cabai merah, kangkung, sayuran berdaun hijau tua, brokoli, kubis Brussel, dan tomat.

2. Sering lelah

Jika merasa lelah sepanjang waktu, itu bisa jadi itu adalah kekurangan folat atau asam folat. Kekurangan folat menyebabkan kelelahan dan anemia. Ini juga berperan dalam sintesis dan perbaikan DNA. Folat atau asam folat adalah vitamin B9 yang dapat ditemukan dalam sayuran berdaun hijau tua seperti kacang merah, asparagus, lentil, bayam, dan lain-lain.

Baca juga: Cegah Kanker Payudara, 4 Sayuran Ini Paling Cocok Dikonsumsi 

3. Memori berkabut

Meskipun kelupaan sesekali terjadi pada semua usia, jika menemukan otak tidak dapat menghafal hal-hal kecil, itu pertanda tidak mendapat cukup nutrisi. Lutein, nutrisi, telah terbukti meningkatkan daya ingat dan pembelajaran. Ini ditemukan dalam wortel, sayuran hijau, brokoli, jagung, dan tomat. Nutrisi tersebut juga dapat membantu melindungi dari katarak dan degenerasi makula, dua kelainan mata yang umum.

4. Masalah pencernaan

Jika sering mengalami masalah pencernaan dan kembung, ini pertanda jelas kurang sayuran dan serat. Serat yang ada dalam sayuran membantu proses pencernaan dan menjaga keteraturan usus.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini