Pemerintah Ingatkan Masyarakat Prioritaskan Vaksinasi Covid-19 bagi Lansia Jelang Lebaran

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 481 2397677 pemerintah-ingatkan-masyarakat-prioritaskan-vaksinasi-covid-19-bagi-lansia-jelang-lebaran-uZStbB3nR3.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

Pemerintah terus mengingatkan masyarakat agar memprioritaskan lanjut usia (lansia) untuk divaksinasi. Langkah ini diambil untuk melindungi lansia, sebagai kelompok rentan yang sangat rentan terhadap Covid-19.

Pemerintah daerah diminta untuk terus menjalankan program vaksinasi Covid-19 selama bulan Ramadhan dan memprioritaskan lansia di usia 60 tahun ke atas. Sebab lansia memiliki tingkat kerentanan tinggi jika terpapar Covid-19.

Merangkum dari Instagram resmi Komite Percepatan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN), @lawancovid19_id, Selasa (20/4/2021), diperkirakan intensitas pertemuan lansia dengan kerabat bakal meningkat selama bulan Ramadhan. Kondisi ini juga akan meningkatkan risiko terpapar Covid-19.

Vaksinasi Covid-19

“Tolong dipastikan dalam sebulan ini prioritas vaksinasi diberikan kepada lansia, sehingga mereka bisa terlindungi kalau nanti dikunjungi oleh keluarganya, imunitas mereka relatif lebih baik,” ucap Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin.

Baca Juga : Dokter Ungkap Kelebihan Vaksinasi Covid-19 saat Puasa

Baca Juga : Puasa Tidak Pengaruhi Kekebalan Tubuh saat Vaksinasi Covid-19

Oleh sebab itu masyarakat diimbau untuk membantu para lansia untuk segera mendapatkan vaksinasi secepat mungkin.

Pemberian vaksinasi kepada lansia bisa dilakukan di pos pelayanan dan sentra vaksinasi di mana saja tanpa perlu menyesuaikan dengan domisili KTP ataupun dilengkapi surat keterangan domisili.

Selain itu protokol kesehatan juga harus tetap dijalankan secara disiplin. Diantaranya memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak dan melakukan vaksinasi, terutama pada kelompok lansia.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini