Kenali Penyebab Wasir Sekaligus Gejalanya, Jangan Diabaikan!

Helmi Ade Saputra, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 18:10 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 481 2397714 kenali-penyebab-wasir-sekaligus-gejalanya-jangan-diabaikan-7xDOopLUSE.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

WASIR adalah penyakit yang umum terjadi atau cukup sering dikeluhkan. Sayangnya, penderita wasir kerap mengabaikan, sehingga bisa menimbulkan risiko buruk.

Diungkapkan Dokter Spesialis Bedah Vena Wasir Center Kota Medan, dr. Freddy Tambunan, Sp.B, wasir umumnya karena konstipasi kronis. Kondisi ini terjadi akibat pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus akibat adanya peningkatan tekanan.

 Sembelit

Namun kebanyakan orang malu memeriksakan diri ke dokter, karena dianggap sebagai aib. Jika ini terus dibiarkan akan memunculkan risiko penyakit lain, seperti anemia.

"Sebaiknya jika sudah mengetahui atau mempunyai penyakit wasir, harus segera dilakukan pemeriksaan dan konsultasi dengan dokter, karena wasir bukan aib tetapi penyakit yang harus disembuhkan," jelasnya.

Selain konstipasi atau sembelit, ada juga beberapa kondisi lainnya yang dapat meningkatkan risiko wasir loh. Seperti faktor genetik, bertambahnya usia, hamil, kegemukan, duduk atau berdiri terlalu lama, dan mengangkat beban berat.

Anda juga harus mengenali gejala wasir yang kerap dirasakan penderita. Gejala yang paling mudah diingat adalah rasa panas dan nyeri setelah buang air besar, keluarnya darah saat buang air besar, dan adanya benjolan di sekitar anus.

Namun gejala tersebut dapat dicegah dengan mengubah pola gaya hidup. Rajin mengonsumsi makanan berserat seperti buah dan sayur, rajin minum air putih, rajin olahraga dan istirahat yang cukup.

"Yang harus dipahami, wasir mudah disembuhkan. Oleh sebab itu, sebaiknya jangan biarkan kondisi ini terlalu lama. Bahkan, sampai menahun yang dapat memperparah rasa nyeri. Segera periksakan ke dokter, untuk mendapatkan pengobatan yang tepat," saran dr. Freddy.

Sementara itu, Dokter Spesialis Bedah Saraf dr. Mahdian Nur Nasution, SpBS menegaskan, bahwa Anda Anda tak perlu malu lagi karena wasir. Karena kini permasalahan wasir Anda dapat selesai sampai tuntas dan sembuh.

"Tapi untuk mencegah, Anda perlu menjalani pola gaya hidup yang sehat dan selalu berpikiran positif agar tidak mudah stres," ujar Dokter Mahdian.

Karena ternyata, stres juga dapat menjadi salah satu pemicu timbulnya wasir."

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini