Menkes: Vaksinasi Jangan Membuat Euforia, Tetap Waspada Lonjakan Kasus Covid-19

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 481 2397735 menkes-vaksinasi-jangan-membuat-euforia-tetap-waspada-lonjakan-kasus-covid-19-iWkcqSuc9B.png Menkes Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Setpres)

MENTERI Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengimbau masyarakat jangan lengah meskipun sudah mendapat vaksinasi covid-19 secara lengkap. Semua harus tetap waspada lonjakan kasus aktif covid-19.

Menkes Budi mencontohkan tiga negara Asia yang sedang tinggi lonjakan kasusnya. Masing-masing adalah India, Filipina, dan Papua Nugini.

Baca juga: Menkes Sebut Lansia Jadi Prioritas Vaksinasi Covid-19 Jelang Lebaran 

"Saya ingatkan di sini teman-teman bahwa jangan sampai program vaksinasi ini membuat kita tidak waspada. Jangan sampai program vaksinasi ini membuat kita euforia. Kita tetap harus menjaga protokol kesehatan," kata Menkes Budi dalam unggahan video di kanal YouTube Kementerian Kesehatan RI, Selasa (20/4/2021).

Ia menambahkan, semua orang wajib terus memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Selain itu, jangan sampai program vaksinasi covid-19 yang sudah berjalan dan program pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) mikro hanya menjadi sia-sia.

"Jangan sampai kita menjadi tidak waspada, membuat kita menjadi tidak hati- hati, karena lonjakan bisa terjadi lagi," tegasnya.

Baca juga: Menkes Ungkap Penyebab Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia Belum di Semua Wilayah 

Menkes Budi menyatakan sangat sedih kalau usaha keras yang sudah dilakukan menjadi sia-sia karena terjadi lonjakan kasus aktif covid-19. Ia menekankan tetap menjalankan protokol kesehatan secara ketat.

"Patuhi protokol kesehatan. Kami terus melakukan vaksinasi para lanjut usia sampai Lebaran nanti," tegasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini