7 Jenis Minyak Esensial yang Ampuh Obati Ruam Kulit

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 14:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 481 2397776 7-jenis-minyak-esensial-yang-ampuh-obati-ruam-kulit-jygcC7tZC9.jpg Ilustrasi minyak esensial. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

RUAM kulit bisa disebabkan berbagai faktor. Saat memasuki musim panas, ruam kulit menjadi fenomena umum. Di antara banyak penyebab, alergi, luka sayat, gigitan serangga, panas berlebih, infeksi, gatal karena panas musim panas dan paparan sinar matahari, hingga sengatan matahari adalah yang paling umum.

Dikutip dari laman Times of India, Selasa (20/4/2021), salah satu cara paling efektif mengatasi ruam kulit adalah menggunakan minyak esensial atau minyak atsiri. Minyak esensial tertentu memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-bakteri.

Baca juga: 5 Minyak Terbaik untuk Kulit, Melembapkan hingga Obati Eksim 

Minyak esensial diekstraksi dari daun, kuncup, kulit kayu, dan bunga tanaman mempertahankan khasiat penyembuhan yang sama seperti tanaman.

Pooja Nagdev, ahli kosmetologi dan aromaterapi, menjelaskan tentang beberapa minyak esensial yang dapat digunakan untuk menenangkan dan merileksasi kulit saat ruam.

Ilustrasi minyak esensial. (Foto: Freepik)

1. Kayu cendana

Minyak kayu cendana memiliki sifat yang sama dalam minyak esensial lainnya yang berasal dari tumbuhan dan kayu. Cendana adalah bahan utama untuk membantu mengatasi ruam gatal yang mengganggu.

2. Peppermint

Minyak peppermint bisa digunakan untuk semua jenis ruam kulit karena meredakan peradangan. Minyak ini memiliki mentol alami di dalamnya yang memiliki efek analgesik pada kulit yang teriritasi.

Baca juga: Mengenal Minyak Argan, Sangat Bermanfaat untuk Kulit hingga Jantung 

3. Minyak serai dan timi

Ini adalah minyak esensial efektif yang bekerja sangat baik pada gigitan serangga. Minyak serai dan timi memiliki sifat astringent alami yang juga membantu penyembuhan.

4. Minyak lavender

Minyak lavender telah terbukti selama bertahun-tahun efektif dalam meredakan nyeri serta membantu meredakan ruam dan kulit yang meradang. Minyak lavender juga membantu mengurangi kemerahan pada kulit yang sering disebabkan oleh iritasi dan penyamakan kulit.

5. Minyak kayu putih

Minyak kayu putih dapat digunakan untuk semua jenis ruam kulit. Minyak kayu putih sangat efektif dalam memberikan kelembapan pada ruam kulit yang teriritasi, gatal, dan nyeri.

Baca juga: 5 Khasiat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Tubuh, Khususnya Jantung 

6. Minyak chamomile

Minyak chamomile memiliki azulene yang dikenal dapat melembapkan kulit gatal dan iritasi. Ini juga bagus untuk mengurangi peradangan pada semua jenis ruam kulit.

7. Minyak geranium

Minyak geranium paling efektif mengatasi ruam panas karena memiliki sifat basa yang membantu menyeimbangkan minyak di kulit. Minyak geranium menghidrasi kulit dan membantu pemulihan lebih cepat dari masalah kulit yang meradang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini