Ini 5 Kandungan Air Kelapa yang Berkhasiat Menyehatkan Tubuh

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Rabu 21 April 2021 03:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 481 2398018 ini-5-kandungan-air-kelapa-yang-berkhasiat-menyehatkan-tubuh-huSPvZoFQ0.jpg Air kelapa. (Foto: Jcomp/Freepik)

AIR kelapa dikenal memiliki kandungan konsentrasi elektrolit, vitamin, dan mineral. Terbuat dari cairan bening di dalam kelapa hijau, lebih dari 95 persen air kelapa adalah air.

Air kelapa telah dikonsumsi sejak lama di daerah tropis di dunia. Dalam pengobatan tradisional, air kelapa dapat membantu melancarkan sistem pencernaan.

Baca juga: 5 Khasiat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Tubuh, Khususnya Jantung 

Air kelapa juga secara tradisional telah digunakan untuk mengobati dehidrasi. Meskipun mungkin bukan minuman ajaib, air kelapa memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Seperti dikutip dari laman Medicalnewstoday, Rabu (21/4/2021), berikut deretan kandungan air kelapa yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh manusia.

1. Kalium

Kalium membantu menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, terutama saat olahraga. Dikarenakan ada lebih banyak kalium daripada natrium dalam air kelapa, kalium dapat membantu menyeimbangkan efek natrium pada tekanan darah dan bahkan mungkin membantu menurunkannya.

Air kelapa.

2. Antioksidan

Air kelapa mengandung antioksidan yang membantu menetralkan stres oksidatif dan radikal bebas. Carilah air kelapa yang bagus untuk mendapatkan tingkat antioksidan tertinggi. Air kelapa yang diproses dan dipasteurisasi panas memiliki lebih sedikit antioksidan.

3. Asam amino

Asam amino penting untuk memperbaiki jaringan dan merupakan bahan penyusun protein. Air kelapa mengandung lebih banyak alanin, arginin, sistein, dan serin dibandingkan susu sapi. Ini adalah sumber utama arginin, asam amino yang membantu tubuh merespons stres. Arginine juga dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

Baca juga: 6 Cara Gunakan Minyak Kelapa untuk Tingkatkan Kecantikan 

4. Rendah kalori

Air kelapa hanya memiliki 45 kalori dalam secangkir, ini adalah pengganti yang bagus untuk minuman berkalori tinggi seperti soda atau jus. Air kelapa memiliki lebih sedikit gula dan karbohidrat daripada kebanyakan jus. Air kelapa juga memiliki lebih banyak mineral dan elektrolit seperti natrium dan kalium.

5. Sitokinin

Sitokinin ditemukan di dalam air kelapa, senyawa ini dipercaya memiliki sifat antipenuaan dan melawan kanker. Namun hingga saat ini belum ada penelitian besar yang menunjukkan bahwa air kelapa dapat menangkal kanker.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini