IDI: Distribusi dan Edukasi Kunci Sukses Program Vaksinasi Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 21 April 2021 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 481 2398022 idi-distribusi-dan-edukasi-kunci-sukses-program-vaksinasi-covid-19-17gpNjmR3F.jpg Ilustrasi vaksinasi covid-19. (Foto: Freepik)

DISTRIBUSI vaksin covid-19 menjadi salah satu tantangan yang dihadapi Pemerintah Indonesia saat ini. Posisi demografi Tanah Air yang terdiri dari banyak pulau membuat pemerintah harus berpikir ekstra agar dapat menyalurkan vaksin covid-19 dengan kualitas baik hingga pelosok.

Tim Advokasi Vaksinasi Covid-19 Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr Kristoforus Hendra Djaya mengatakan hal utama yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan distribusi vaksin covid-19 adalah memastikan vaksin yang diterima masyarakat kualitasnya terjaga.

Baca juga: Distribusi Jadi Tantangan Program Vaksinasi Covid-19 ke Pelosok Indonesia 

Oleh karena itu, pemerintah harus berupaya menggunakan segala cara supaya selama pengiriman vaksin covid-19 dapat tetap efektif.

"Harus ada sistem distribusi yang terencana dengan baik serta tentunya didukung ketersediaan wadah penyimpanan vaksin selama distribusi cold chain yang dapat diandalkan sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan," terang dr Kristoforus dalam diskusi virtual bertajuk 'Tantangan Distribusi Vaksin Covid-19 ke Pelosok Indonesia', Selasa 20 April 2021.

Lebih lanjut ia mengatakan IDI mendukung penuh pelaksanaan vaksinasi covid-19 di Indonesia. Sampai saat ini IDI juga terus memberikan edukasi mengenai manfaat vaksinasi covid-19 dalam mendukung pemerintah mengurangi persebaran virus di Indonesia.

Baca juga: Cek Fakta: mRNA pada Vaksin Covid-19 Bisa Bikin Orang Bermutasi 

Dia melanjutkan, salah satu tantangan dan kendala masyarakat yang kerap ditemui selama ini di antaranya keengganan ikut program vaksinasi covid-19. Hal ini terkait isu-isu yang beredar, misalnya vaksin kedaluwarsa atau rusak saat diterima.

"Untuk itu kami dari Tim Advokasi Vaksinasi Covid-19 PB IDI terus-menerus memberikan edukasi mengenai manfaat dan keamanan vaksin covid-19," tuntasnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini