3 Perawatan Sederhana untuk Hilangkan Jerawat di Badan

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 611 2397817 3-perawatan-sederhana-untuk-hilangkan-jerawat-di-badan-epDjgowkca.jpg Ilustrasi jerawat di badan. (Foto: Shutterstock)

JERAWAT di badan adalah salah satu masalah kulit yang diderita banyak orang. Masalah jerawat di badan bisa timbul akibat berbagai faktor, salah satunya cuaca. Ini akan membuat badan jadi terasa tidak nyaman.

Tapi tenang saja, ada beberapa perawatan sederhana untuk mengatasi jerawat di badan. Apa saja langkah itu? Berikut urutannya, seperti dirangkum dari laman Feminaindia, Selasa (20/4/2021).

Baca juga: 4 Cara Samarkan Bekas Jerawat di Wajah, Yuk Praktikkan 

1. Cari tahu penyebab jerawat di badan

Biasanya jerawat di badan paling banyak muncul di punggung dan area dada, termasuk sisi kaki. Jika ini kondisi kulit medis dan cukup parah, maka cara terbaik adalah memeriksakannya ke dokter.

Namun demikian, jerawat di badan dapat disebabkan keringat, mandi dengan air yang sangat panas, penumpukan produk, gesekan dari pakaian, kurangnya hidrasi, ketombe, dan polutan lainnya.

Jerawat di badan yang disebabkan oleh faktor-faktor tersebut dapat diatasi dengan memperbaiki rutinitas perawatan dan melakukan pendekatan baru terhadap kulit.

Ilustrasi jerawat di badan. (Foto: Zeenews)

2. Air panas menyebabkan jerawat di badan

Air panas memang bisa menenangkan, tetapi mengganggu keseimbangan pH kulit. Cuaca pun makin panas, jadi mandi air panas hanya akan menaikkan suhu tubuh.

Air panas juga membuka pori-pori kulit yang mengundang bakteri untuk menyumbatnya. Ini jadi penyebab lain munculnya jerawat di badan.

Langkah terbaik adalah memilih mandi air hangat atau setidaknya memastikan untuk memercikkan air hangat atau dingin ke badan hingga pori-pori tertutup.

Baca juga: Jangan Takut Muncul Jerawat, Cegah dengan 7 Cara Jitu Ini 

3. Mengencangkan dan melembapkan kulit

Untuk menghilangkan jerawat di badan, berikan perhatian pada kulit sebanyak yang dilakukan untuk wajah. Itu termasuk pengencangan dan pelembapan. Jadi untuk menyeimbangkan tingkat pH kulit, semprotkan air mawar ke area yang terkena yang dikatakan sebagai toner alami terbaik, kemudian gunakan pelembap yang diperkaya vitamin.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini