Cerita Tantri Namirah Jalani Puasa Ramadhan Sambil Cintai Lingkungan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 10:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 612 2397587 cerita-tantri-namirah-jalani-puasa-ramadhan-sambil-cintai-lingkungan-WFjPD7IhZz.jpg Tantri Namirah (Foto : Instagram/@tantrinamirah)

Saat menjalani puasa Ramadhan, banyak dari Anda mungkin lebih suka berdiam atau tidur-tiduran. Untuk mau melakukan aktivitas, rasanya sulit sekali karena khawatir badan akan letih. Tapi, Selebgram Tantri Namirah punya cara seru menikmati Ramadhan dengan aktivitas mencintai lingkungan.

Ya, selama puasa Ramadhan, Tantri Namirah terbilang cukup aktif dalam melakukan aktivitas cinta lingkungan salah satunya mulai menanam tumbuhan, hemat air, ataupun mulai melakukan kebiasaan zero waist atau bebas sampah,

Tantri Namirah

"Menurut informasi yang aku terima, di bulan puasa itu jumlah sampah meningkat hingga 20 persen dan hal tersebut membuat aku ngerasa harus berbuat sesuatu supaya bumi kita tidak rusak oleh sampah," katanya dalam Webinar Green Ramadan Ciptakan Harmoni Jiwa, Sesama, dan Semesta yang diinisiasi The Body Shop Indonesia, Senin (19/4/2021).

Baca Juga : 4 Inpirasi Outfit Hijab Colorful ala Tantri Namirah, Tampilan Makin Kece!

Beberapa upaya mengurangi sampah yang dilakukan Tantri adalah minim penggunaan plastik dan bawa boto minum sendiri. Hal kecil seperti itu, kata Tantri, akan memberi dampak positif bagi bumi. Kalau sudah begitu, semesta pun akan ikut bahagia karena manusianya mau berbuat ramah pada alam.

"Aku sekarang sebisa mungkin tidak pakai kantong plastik kalau belanja. Terus, kalau mau beli minuman gitu, selalu pakai botol sendiri. Selain lebih terjamin kebersihannya, menurutku langkah tersebut bisa menekan jumlah sampah yang sudah ada," tambahnya.

Di sisi lain, Tantri pun di Ramadhan ini mulai melakukan re-use kemasan-kemasan misal dari produk skincare atau kosemtik yang dia miliki. Baginya, daripada botol-botol itu dibuang begitu saja, mending dimanfaatkan untuk jadi sesuatu yang layak pakai.

"Misalnya nih ada kemasan bekas skincare, kalau sudah habis aku bersihkan dan aku jadiin wadah menaruh aksesori. Aku kebetulan suka banget sama barang-barang peritilan, makanya wadah-wadah kayak bekas skincare itu bisa banget jadi solusi," katanya.

Tantri Namirah

Tak hanya itu, Tantri yang merupakan penggagas Kutanami pun memanfaatkan botol kaca bekas skincare sebagai pot tanaman. Ya, siapa sangka kalau botol kaca bisa jadi pot tanaman-tanaman kecil, lho.

"Kebiasaan ini bikin aku kalau mau beli apa-apa sekarang harus lihat kemasannya dulu. Apakah kemasannya bisa dipergunakan lagi atau enggak. Semisal produknya emang bagus banget, tapi kemasannya enggak ramah lingkungan, aku pasti gak jadi beli. Intinya, sebisa mungkin aku merhatiin hal-hal kecil ini karena aku enggak mau nambahin sampah buat lingkungan," tambah Tantri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini