Kesepian di Tengah Pandemi? Lakukan 4 Hal Ini untuk Mengatasinya

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 18:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 612 2397656 kesepian-di-tengah-pandemi-lakukan-4-hal-ini-untuk-mengatasinya-fy7tcGE8GH.jpg Ilustrasi kesepian di tengah pandemi covid-19. (Foto: Freepik)

MUNGKIN Anda sudah lama tidak bertemu teman dan keluarga tersayang secara langsung. Bisa juga stres pandemi covid-19 telah menciptakan ketegangan, membuat kesepian dan frustrasi.

Kesepian yang berkepanjangan dapat menguras emosi, membuat hidup tampak suram dan tidak berarti. Ini juga bisa menyebabkan gejala fisik, termasuk sakit dan nyeri, masalah tidur, serta respons kekebalan tubuh yang lemah.

Dirangkum dari laman Healthline, Selasa (20/4/2021), ini hal yang harus dilakukan jika merasa kesepian.

Baca juga: Asal Dapat Nutrisi Seimbang, Anak Aman Puasa di Tengah Pandemi 

1. Ubah mindset

Memberikan pemahaman yang berbeda tentang apa artinya menyendiri terkadang dapat mempermudah mengendalikan perasaan kesepian. Kesepian terjadi ketika diri menjadi terisolasi dan kebutuhan akan interaksi sosial serta hubungan antarmanusia tidak terpenuhi.

Kebanyakan orang membutuhkan hubungan dekat agar bisa berkembang. Abraham Maslow, pakar psikologi humanistik, menganggap kebutuhan ini begitu penting sehingga ia memasukkan cinta dan rasa memiliki di samping hal-hal seperti makanan dan tempat tinggal dalam hierarki kebutuhan dasar manusia.

Ilustrasi pandemi covid-19. (Foto: Okezone)

2. Penuhi rumah dengan suara

Saat merasakan ruang hampa kesepian yang luas mulai menekan dari semua sisi, kekuatan suara dapat mendorongnya kembali. Suara membantu mengisi ruang di lingkungan dan pikiran, membuatnya tidak terlalu berlebihan. Suara alam dapat meningkatkan suasana hati dan memotivasi diri.

3. Tetap terhubung

Tidak selalu bisa melalui waktu dengan teman dan keluarga tercinta. Tapi, Anda harus tetap bisa menjaga kedekatan meskipun tidak bisa bertemu secara langsung. Interaksi melalui panggilan telepon atau video mungkin terlihat sedikit berbeda, tetapi tetap terhubung adalah yang paling penting.

Baca juga: 5 Hobi Baru di Masa Pandemi Covid-19, Dijamin Bisa Usir Rasa Bosan 

4. Manfaatkan interaksi sebaik-baiknya

Meluangkan waktu bersama orang lain tidak selalu menghilangkan rasa kesepian, karena kualitas interaksi seringkali lebih penting daripada jumlahnya. Itulah mengapa Anda mungkin merasa kesepian dalam sekelompok besar kenalan biasa, tetapi dipenuhi dengan malam yang tenang bersama teman terdekat.

Cara menghabiskan waktu dengan orang lain juga dapat membuat perbedaan besar. Terkadang, Anda mungkin hanya perlu teman dan merasa nyaman menonton film dengan teman atau berbagi ruang sambil bekerja atau menjelajahi media sosial.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini