5 Tips Sehat dan Berkah Menjalankan Ibadah Puasa Ramadhan

Nuralfiyyah Farhana, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 612 2397662 5-tips-sehat-dan-berkah-menjalankan-ibadah-puasa-ramadhan-2R59s72Bf6.jpg Ilustrasi puasa Ramadhan. (Foto: Shutterstock)

SAAT bulan Ramadhan datang, keberkahan pun akan melimpah. Dengan menjalankan ibadah puasa Ramadhan, bisa meraih banyak manfaat, baik untuk tubuh maupun jiwa.

Dikutip dari laman Omanobserver, Selasa (20/4/2021), berikut tips menjalankan ibadah puasa agar lebih sehat dan berkah.

Baca juga: 5 Cara Menjaga Kesegaran Mulut saat Puasa Ramadhan 

1. Makan sahur

Sahur dapat memberikan energi saat berpuasa. Sahur juga harus dilakukan saat menjalankan ibadah puasa. Manfaat dari sahur dapat mencegah sakit kepala, mual, gemetar, dan tanda glukosa rendah.

Ilustrasi puasa. (Foto: Reuters)

2. Menjalani pola makan yang benar

Pola makan yang benar dapat membantu menurunkan berat badan dan mengurangi trigliserida dan kolesterol secara signifikan. Jangan banyak makan gorengan, makanan banyak gula dan lemak, karena hal itu tidak memberikan manfaat kesehatan dari saat berpuasa.

3. Makan di waktu yang tepat

Jangan makan saat larut malam usai Sholat Tarawih dan langsung tidur. Ini dapat menyebabkan naiknya asam lambung dengan gejala mulas, mual, kembung, dan sendawa yang akan membuat puasa di siang hari menjadi tidak nyaman. Sebaiknya makanlah makanan sehat yang terdiri dari karbohidrat kompleks dan protein sehat serta air untuk membuat tubuh tetap aktif sepanjang hari.

Baca juga: Dokter Ungkap Kelebihan Vaksinasi Covid-19 saat Puasa 

4. Berbuka puasa dengan makanan sehat

Berbukalah dengan kurma dan air agar memberikan energi kembali, konsumsilah variasi buah-buahan atau jus segar yang akan menambahkan nutrisi. Hindarilah makanan dan bumbu yang digoreng karena dapat menunda penyerapan dan mengganggu pencernaan. Sebaiknya, pilihlah sereal gandum, kecambah, bubur atau sup dengan daging dan sayuran tanpa lemak.

5. Penuhi kebutuhan mineral tubuh

Minumlah cukup air, karena saat berpuasa ditambah jika cuaca sedang musim panas, tubuh akan kekurangan cairan selama kurang lebih 12 jam. Maka minumlah cukup air mineral, dan batasi minuman berkafein atau berkarbonasi.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini