4 Kebiasaan Sederhana yang Bisa Menjaga Pernikahan Tetap Kuat

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 20 April 2021 21:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 20 612 2397899 4-kebiasaan-sederhana-yang-bisa-menjaga-pernikahan-tetap-kuat-c7a5ppguvS.jpg Ilustrasi pernikahan. (Foto: Freepic Diller/Freepik)

PERNIKAHAN dibangun di atas rasa cinta. Ini mungkin tidak selalu mudah, tetapi itu benar-benar berharga. Untuk memiliki hubungan yang bahagia dan tahan lama, pasangan suami-istri harus selalu memiliki kesabaran dan memberikan perhatian, waktu, serta upaya untuk membantunya tumbuh.

Momen dan kebiasaan kecil yang mungkin terlihat sepele dapat memberikan peran sebagai pemecah masalah. Kebiasaan sehat tidak hanya membantu pasangan tumbuh lebih kuat tetapi juga membantu hubungan pernikahan berkembang menjadi ikatan yang tahan lama.

Seperti dilansir dari laman Feminaindia, Selasa (20/4/2021), ini empat kebiasaan sederhana yang bisa menjaga pernikahan tetap kuat.

Baca juga: Parameter Pernikahan Sehat, Sudahkah Hubungan Anda Bahagia? 

1. Komunikasi

Komunikasi adalah faktor terpenting dalam sebuah pernikahan. Sangat penting untuk membagikan semua detail tentang hari Anda, hal-hal yang terjadi di tempat kerja dan rumah, serta cerita yang Anda dengar dari teman-teman.

Penting untuk berteman dengan pasangan dan curhat terkait semua momen yang dilalui. Membicarakan hal-hal yang membuat bahagia atau bahkan membuat stres, menciptakan rasa percaya pada pasangan yang membuat Anda lebih sehat dan bahagia.

2. Berikan pentingnya keintiman

Bersikaplah terbuka untuk mendiskusikan apa yang Anda dan pasangan butuhkan untuk keintiman fisik dan emosional. Pastikan Anda menciptakan ruang aman bagi pasangan untuk mendiskusikan apa yang diinginkan dan memahaminya dengan lebih baik.

Hubungan biologis adalah cara yang bagus untuk menjalin ikatan emosional dan fisik. Ini membantu Anda terhubung dengan pasangan dan memahaminya dengan baik. Setiap orang mungkin memiliki harapan dan pengalaman berbeda, jadi selalu penting untuk memahami hal itu dengan baik dan menghargai satu sama lain.

3. Jadilah pendengar yang baik

Bercakap-cakap adalah bagian yang sangat penting dari hubungan apa pun. Meskipun berbicara bisa sangat menyenangkan dan penting, Anda juga perlu mendengarkan apa yang dikatakan pasangan.

Mendengarkan apa yang diinginkan pasangan dan masalahnya membantu Anda memahaminya dengan lebih baik. Jangan menyela atau merendahkan apa yang diungkapkan atau rasakan karena pasangan mungkin merasa tidak dihargai.

Baca juga: Mendadak Viral, Rombongan Pengantin Pria Ini Salah Masuk Lokasi Hajatan 

4. Bersyukurlah satu sama lain

Merasa tidak dihargai bisa menakutkan dan sangat buruk bagi suatu hubungan. Karena itu, penting menunjukkan rasa terima kasih kepada pasangan dan membuat dia merasa bahwa benar-benar bersyukur atas keberadaan Anda. Melakukan hal ini secara teratur dapat membuat dia sangat bahagia dan akan membuatnya merasa dicintai.

Tindakan kecil seperti membuatkan makanan khusus, mengambil alih tanggung jawab rumah tangga, atau hanya mengajaknya makan malam dapat membuat perbedaan besar. Mengakui saat-saat seperti itu dengan cinta dan kesabaran dan itu akan membantu Anda memelihara hubungan pernikahan.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini