Daging Ayam vs Daging Sapi, Mana Lebih Sehat?

Nuralfiyyah Farhana, Jurnalis · Rabu 21 April 2021 13:52 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 298 2398383 daging-ayam-vs-daging-sapi-mana-lebih-sehat-z4lOcmv2nv.jpg Daging ayam. (Foto: Azerbaijan Stockers/Freepik)

DAGING ayam dan daging sapi merupakan jenis bahan makanan yang paling digemari masyarakat dunia. Selain rasanya enak, olahan daging ayam dan daging sapi sangat cocok dimasak dengan cara apa pun.

Keduanya dikenal memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Tetapi, manakah yang lebih sehat di antara kedua daging tersebut?

Berikut penjelasannya, seperti dilansir laman Tasteinc, Rabu (21/4/2021). Yuk disimak.

Baca juga: Kenali 4 Nutrisi Daging Kelinci yang Baik untuk Kesehatan 

1. Protein

Daging ayam dan sapi sama sama memiliki kandungan protein yang tinggi. Maka itu, baik dikonsumsi oleh atlet. Daging sapi membantu menghasilkan otot tanpa lemak yang jauh lebih cepat daripada daging ayam. Namun, tubuh hanya dapat menyerap 74 persen protein dari daging sapi. Sedangkan tubuh dapat menyerap 80 persen protein dari daging ayam.

Daging sapi.

2. Lemak

Satu porsi ayam memberi sedikit kalori, sedikit kolesterol, dan lemak jenuh pada tubuh dibandingkan dengan daging sapi. Daging sapi memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi dibandingkan daging ayam.

3. Mudah diolah

Daging ayam lebih mudah untuk diolah menjadi suatu makanan. Daging ayam dapat digoreng, dibakar, dipanggang, dan lain-lain. lalu daging ayam juga lebih mudah dikombinasikan dengan olahan masakan lainnya.

Baca juga: Deretan Manfaat Daging Ayam: Sehatkan Tulang hingga Membentuk Otot 

4. Nutrisi

Daging sapi memiliki beberapa keunggulan bergizi dibandingkan ayam karena mengandung lebih banyak zat besi dan seng. Zat-zat ini sangat penting untuk sistem kekebalan dan perkembangan otak. Tetapi, daging ayam jauh lebih baik untuk kesehatan jantung, hal ini dikarenakan daging ayam memiliki lebih sedikit kolesterol dan sedikit lemak jenuh dibandingkan daging sapi.

5. Energi

Daging ayam merupakan daging putih yang terdiri dari serabut otot "kedutan cepat". Sedangkan daging sapi dikenal sebagai “kedutan lambat”, jadi sangat ideal untuk aktivitas ketahanan. Daging ayam maupun daging sapi sama sama dapat meningkatkan efisiensi energi dengan berbagai cara.

Jadi dengan kesimpulannya bahwa pemenang antara kedua daging tersebut ialah daging ayam. Karena daging ayam memiliki kandungan yang baik untuk pembinaan ototnya yang superior, keserbagunaan, dan nutrisi utama untuk kesehatan kardiovaskular.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini