5 Makanan yang Ampuh Menyegarkan Tubuh saat Musim Panas

Nurdian Iqbaludin, Jurnalis · Rabu 21 April 2021 14:36 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 298 2398422 5-makanan-yang-ampuh-menyegarkan-tubuh-saat-musim-panas-o2NruS2Tqq.jpg Yoghurt salah satu makanan yang ampuh menyegarkan tubuh. (Foto: Freepik)

KETIKA musim panas tiba, cuaca berubah menjadi sangat panas, keringat pun akan terus mengucur. Dalam kondisi seperti ini, orang-orang pun membutuhkan asupan yang bisa membuat tubuh jadi segar dan terhindar dari dehidrasi.

Tidak hanya air dingin, makanan segar juga bisa menjadi solusinya. Tentunya makanan tersebut harus yang mengandung banyak nutrisi agar tubuh kuat melalui cuaca panas di siang hari.

"Musim panas telah tiba, yang berarti cuaca yang panas dan kadang membuat tidak nyaman. Dinginkan tubuh dan kulit Anda dengan makan makanan dingin seperti semangka, mentimun, seledri, yoghurt, dan kembang kol," kata praktisi kesehatan asal India Dokter Geetika Mittal.

Lantas, apa saja makanan menyegarkan tersebut? Berikut ini daftarnya, seperti dikutip dari laman Indianexpress, Rabu (21/4/2021).

Baca juga: 5 Makanan yang Dapat Menjaga Kesehatan Organ Kewanitaan 

1. Buah semangka

Buah semangka harus menjadi yang pertama dalam daftar makanan untuk musim panas. Pasalnya, semangka 92 persen terdiri dari air.

"Ini buah yang menghidrasi luar biasa. Semangka juga dikemas dengan likopen, antioksidan, vitamin A, B6, dan C, kalium, serta asam amino," kata dr Mittal.

Ilustrasi musim panas. (Foto: Lifeforstock/Freepik)

2. Timun

Asupan lain yang harus dikonsumsi adalah mentimun. Mentimun bisa membantu tubuh tetap terhidrasi dan memberi cahaya dari dalam. Selain itu, mentimun membuat kenyang lebih lama sambil menghilangkan racun dari tubuh.

3. Seledri

Cara terbaik menikmati seledri adalah meminumnya sebagai jus karena sayuran ini mengandung 95 persen air.

Baca juga: Ini Cara Terbaik Menyimpan Sayur dan Buah agar Kualitasnya Terjaga 

4. Yoghurt

Yoghurt tidak hanya meningkatkan kekebalan tetapi juga membantu menjaga kesehatan tulang. Sempurna untuk dimakan saat musim panas, nikmati dengan sedikit garam atau ubah menjadi hidangan yang lezat. Anda juga bisa menikmatinya dalam bentuk yoghurt beku. "Ini mendinginkan, bergizi, ringan, dan camilan yang sempurna," kata dr Mittal.

5. Kembang kol

Bagian dari keluarga sayuran silangan, kaya akan vitamin C dan beberapa mineral dan mikronutrien,” tambahnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini