Rajin Makan Tauge, 3 Manfaat Kesehatan Ini Bakal Didapat

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Rabu 21 April 2021 19:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 298 2398554 rajin-makan-tauge-3-manfaat-kesehatan-ini-bakal-didapat-FfOWhh5f1q.jpg Tauge. (Foto: Mrsiraphol/Freepik)

TAUGE merupakan salah satu sayuran yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh manusia. Kecambah atau tauge adalah sayuran muda yang baru berumur beberapa hari dan baru saja berkecambah biji serta bertunas.

Tauge bisa berfungsi sebagai pembangkit tenaga berkat nutrisinya, serta manfaat kesehatan lainnya. Dirangkum dari laman Times of India, Rabu (21/4/2021), ini manfaat lain tauge untuk kesehatan tubuh manusia.

Baca juga: 5 Makanan yang Ampuh Menyegarkan Tubuh saat Musim Panas 

1. Baik untuk pencernaan

Kacang-kacangan, biji-bijian, atau sayuran yang bertunas membantu menghilangkan asam fitat yang ada dimembran yang membatasi keberadaan enzim pencernaan di dalam biji. Sekarang banyak enzim penting yang ada di dalam benih membantu memperlancar proses pencernaan, menjaga metabolisme terkendali, dan bekerja meningkatkan reaksi kimia di perut saat mencerna makanan. Enzim juga memecah makanan lebih efektif setelah pencernaan yang membantu tubuh menyerap nutrisi dengan lebih baik.

Tauge (Foto: Way of China)

2. Membantu menurunkan berat badan

Meskipun sangat penting untuk memiliki buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, dan biji-bijian berkualitas baik untuk menurunkan berat badan secara efektif, kecambah juga merupakan pilihan yang sehat untuk dimiliki. Tidak hanya berisi nutrisi yang bermanfaat, tetapi juga rendah kalori yang merupakan alasan utama banyak pengamat berat badan cenderung memilikinya dalam bentuk camilan.

Baca juga: 5 Makanan yang Dapat Menjaga Kesehatan Organ Kewanitaan 

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Beberapa kecambah mengandung asam lemak omega-3 yang bermanfaat di dalamnya yang mengurangi tingkat kolesterol jahat yang berbahaya dalam tubuh yang berbahaya bagi kesehatan Anda. Sifat anti-inflamasi juga membantu mengurangi stres oksidatif dan mengurangi risiko komplikasi kardiovaskular, jika dilakukan secara teratur. Pastikan Anda memasukkannya banyak dalam makanan.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini