Puasa Ramadhan Bisa Cegah Kanker? Ini Penjelasan Dokter

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 21 April 2021 13:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 481 2398373 puasa-ramadhan-bisa-cegah-kanker-ini-penjelasan-dokter-h8ObetNUZx.jpg Ilustrasi ibadah puasa Ramadhan. (Foto: Shutterstock)

SUDAH banyak penelitian membuktikan bahwa puasa Ramadhan jika dilakukan dengan benar dan memerhatikan asupan makanan yang dikonsumsi bisa memberikan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Tapi, apakah ada manfaatnya juga untuk pencegahan kanker?

Ahli onkologi Dr dr Denni Joko Purwanto SpB(K) Onk MM menjelaskan bahwa puasa Ramadhan memang memberi manfaat untuk kesehatan tubuh, salah satunya menjadi lebih sehat karena kontrol makanan dan diri selama berpuasa.

Baca juga: Pandemi Covid-19, IDI Sebut Terapi Kanker Bisa Dilakukan via Telemedis 

Terkait dampak positif puasa Ramadhan untuk pencegahan kanker, dr Denni menerangkan bahwa sejauh ini belum ada penelitian yang spesifik terkait hal tersebut. Namun yang menjadi catatan penting di sini adalah puasa yang baik dan benar akan mengontrol kadar kolesterol.

Ilustrasi kanker. (Foto: Rawpixel/Freepik)

"Nah, dengan keadaan kolesterol yang terjaga, ini memungkinkan seseorang tidak mengarah pada risiko obesitas yang menjadi salah satu faktor terbentuknya kanker dalam tubuh," paparnya dalam diskusi virtual, Rabu (21/4/2021).

Baca juga: Heboh Kabar PCR Test Sebabkan Kanker, Benarkah? 

Tidak hanya itu, puasa juga mengatur stres secara tidak langsung. Emosi yang terjaga dapat menurunkan tingkat stres. Ini merupakan bagian dari faktor risiko kanker yang harus diperhatikan dan dikendalikan.

"Saya rasa dampak positif puasa Ramadhan akan sangat terasa bagi setiap orang jika melakukan puasanya dengan rasa ikhlas dan penuh ketakwaan kepada Tuhan," tambah dr Denni.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini