Makan Sahur Sampai 2 Piring, Ini Bahayanya Menurut Dokter Nadia Alaydrus

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 21 April 2021 16:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 481 2398477 makan-sahur-sampai-2-piring-ini-bahayanya-menurut-dokter-nadia-alaydrus-QZPpfP04zX.jpg Ilustrasi makan sahur. (Foto: Schantalao/Freepik)

APAKAH Anda termasuk orang yang banyak makan saat sahur? Bahkan, bisa melahap makanan dua piring besar karena takut nanti lapar di siang atau sore harinya.

Ya, sebagian orang beranggapan bahwa dengan makan sahur banyak, perut akan terisi lebih banyak dan mempertahankan rasa kenyang yang panjang. Tapi, apakah konsep ini tepat?

Baca juga: Heboh Hoax Badan Memar Dijilat Setan, Ini Kata Dokter Nadia Alaydrus 

Dokter Nadia Alaydrus dalam unggahan Instagram terbarunya menjelaskan bahwa itu adalah perilaku salah kaprah yang sama sekali jangan ditiru dan tidak ada pembenarannya. Menurut dia, makan banyak saat sahur malah akan membawa dampak buruk bagi kesehatan.

Apa saja bahaya makan banyak saat sahur versi Dokter Nadia Alaydrus?

1. Berat badan naik

Makan banyak saat sahur justru akan membuat berat badan Anda naik.

Ilustrasi sahur.

2. Bikin cepat lapar

Terdengar aneh bukan, makan banyak kok malah bikin cepat lapar. Menurut Dokter Nadia Alaydrus, hal tersebut karena pada saat Anda makan berlebihan, hormon Leptin yang mengatur sinyal kenyang dan lapar di otak itu jadi terganggu.

"Akibatnya, muncul rasa lapar padahal perutnya masih penuh," terang dia dalam video yang kini sudah ditonton lebih dari 45 ribu kali tersebut.

3. Bikin gampang mengantuk

Ya, makan banyak saat sahur akan membuat Anda justru gampang ngantuk. Ini akan berdampak pada ketidakstabilan aktivitas harian Anda di esok harinya. Maksudnya, bisa menggangu aktivitas Anda.

Baca juga: Wajib Tahu! Tali Masker Hanya Estetika, Bukan untuk Menggantung Masker 

4. Bikin perut tidak nyaman

"Efek ini bisa muncul karena rata-rata lambung orang dewasa itu hanya bisa menampung 1 hingga 1,5 liter. Makanya, kalau lebih dari itu biasanya perut jadi kembung, penuh, rasa enggak nyaman, dan yang lainnya," ungkapnya.

Jadi, Dokter Nadia Alaydrus mengimbau kepada masyarakat untuk tidak makan berlebihan saat sahur. Kalau itu sudah jadi kebiasaan, maka hentikan segera ya, supaya kondisi kesehatan tetap terjaga dan puasa Ramadhan dapat dijalani dengan bugar tanpa gangguan kesehatan.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini