Mutasi Covid-19 Pengaruhi Hasil Tes PCR?

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 07:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 481 2398634 mutasi-covid-19-pengaruhi-hasil-tes-pcr-EkRIlD9tjP.jpg Ilustrasi (Foto : Medicaldaily)

Mutasi Covid-19 yang heboh sejak beberapa waktu lalu menimbulkan banyak tanda tanya dalam pikiran masyarakat. Banyak yang bertanya, apakah mutasi Covid-19 dapat berpengaruh terhadap hasil testing?

Sebagaimana diketahui, masyarakat sempat dikejutkan dengan munculnya varian E484K yang merupakan hasil mutasi dari virus B117 asal Inggris. Varian baru virus ini terkenal akan penyebarannya yang jauh lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

Merangkum dari laman Instagram Cofight.id @cofight_id, Kamis (22/4/2021) Dokter Relawan Covid-19, dr. Muhamad Fajri Adda’i mengatakan diperlukan whole genome sequencing untuk mengetahui jenis varian mana yang menginfeksi suatu individu.

Virus Corona

“Whole genome sequencing ini akan mengamati 30 ribu komponen genetik virus. Sementara Polymerase Chain Reaction (PCR) hanya mengambil sebagian dari komponen tersebut,” terang dr. Fajri.

Baca Juga : Penjelasan Dokter Awal Munculnya Varian Corona N439K

PCR merupakan salah satu metode testing Covid-19 yang dinilai lebih akurat dan telah menjadi gold standar dalam pemeriksaan. Pemeriksaan PCR dilakukan dengan metode swab test (tes usap) yang diambil dari hidung (nasofaring) dan tenggorokan (orofaring).

“Alhasil bisa disimpulkan bahwa PCR masih bisa mendeteksi virus SARS-CoV-2 yang bermutasi. Tapi untuk diketahui jenis mutasinya, maka diperlukan tahapan lanjutannya,” tuntasnya.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini