5 Efek Samping Terlalu Banyak Minum Air Kelapa

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 03:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 481 2398643 5-efek-samping-terlalu-banyak-minum-air-kelapa-0xvmA13kl9.jpg Ilustrasi air kelapa. (Foto: Jcomp/Freepik)

AIR kelapa kaya akan kalium, mangan, magnesium, folat, selenium, dan kalsium. Lalu mengandung elektrolit yang memberikan energi pada tubuh.

Meskipun dianggap sebagai minuman berkhasiat, beberapa aspek harus dipertimbangkan sebelum menikmati air kelapa.

Dilansir dari laman Boldsky, Rabu (21/4/2021), ternyata air kelapa juga memiliki efek samping tertentu.

Baca juga: 5 Khasiat Minyak Kelapa untuk Kesehatan Tubuh, Khususnya Jantung 

1. Memiliki sifat diuretik

Mengonsumsi terlalu banyak air kelapa dapat membuat sering buang air kecil. Air kelapa mengandung kalium dalam jumlah tinggi yang bertindak sebagai diuretik alami, membantu ginjal mengeluarkan air. Artinya, ginjal harus bekerja lebih keras untuk menghilangkan kelebihan air.

Air kelapa.

2. Tinggi gula, tidak cocok untuk diabetes

Air kelapa diminum sebagai alternatif jus lain karena orang mengira rendah gula. Secangkir air kelapa mengandung 6,26 gram gula pasir. Jadi, konsumsi air kelapa harus dihindari oleh penderita diabetes.

Orang dengan gula darah sebaiknya tidak meminum air kelapa setiap hari. Meskipun tidak mengandung gula sebanyak kebanyakan minuman olahraga dan jus buah, air kelapa mengandung terlalu banyak kalori.

3. Sebagai pencahar

Minum air kelapa berlebih tidak bisa menjadi praktik yang sehat karena dapat memiliki efek pencahar pada sistem pencernaan, sebab air kelapa adalah pencahar alami. Orang yang mengalami sindrom iritasi usus besar harus menghindari terlalu banyak mengonsumsi air kelapa.

Baca juga: 6 Cara Gunakan Minyak Kelapa untuk Tingkatkan Kecantikan 

4. Tidak baik untuk orang yang rawan alergi

Beberapa orang alergi terhadap makanan dan minuman tertentu. Air kelapa juga dapat menyebabkan reaksi alergi pada orang-orang tertentu yang rentan terhadap alergi makanan. Karena kelapa pada dasarnya adalah kacang pohon, orang yang berisiko alergi kacang pohon dapat mengalami efek samping.

5. Tinggi kalori

Air kelapa segar relatif rendah kalori, tetapi penelitian menunjukkan bahwa 11 ons air kelapa dapat mengandung hingga 60 kalori. Ini memiliki 46 kalori per cangkir. Air kelapa dalam kemasan atau botol mengandung 92 kalori yang akan membantu menambah berat badan. Jadi, pilihlah air kelapa segar daripada yang dikemas.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini