Semua Orang Wajib Tidur Cukup, 5 Manfaat Ini Akan Diraih

Ratu Syra Quirinno, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 481 2398647 semua-orang-wajib-tidur-cukup-5-manfaat-ini-akan-diraih-EdY1tq4PgP.jpg Ilustrasi tidur cukup. (Foto: Gpointstudio/Freepik)

SEMUA orang wajib memahami pentingnya tidur cukup untuk menjaga kesehatan. Dengan tidur yang nyenyak, maka lelah setelah beraktivitas seharian akan hilang dengan sendirinya, dan tubuh segar kembali.

Lama tidur setiap orang bervariasi. Rata-rata 7 hingga 8 jam tidur semalam. Namun yang lebih penting dari itu adalah menilai bagaimana perasaan masing-masing di siang hari, jika tubuh terasa segar dan tidak lelah, itu menandakan tidur cukup dan berkualitas.

Dilansir dari laman Verywellhealth, Kamis (22/4/2021), berikut deretan manfaat tidur cukup untuk kesehatan tubuh.

Baca juga: Lakukan 6 Hal Ini Supaya Mudah Bangun Pagi Tanpa Bantuan Alarm 

1. Tidur memelihara jantung tetap sehat

Kurang tidur berpengaruh negatif terhadap tekanan darah dan kolesterol. Tingginya tekanan darah dan kadar kolesterol merupakan faktor risiko penyakit jantung dan stroke. Jantung akan lebih sehat jika Anda tidur antara 7 hingga 9 jam setiap malam.

Tidur. (Foto: User18526052/Freepik)

2. Tidur mengurangi stres

Ketika susah atau kurang tidur, itu termasuk kondisi stres . Fungsi tubuh yang selalu waspada dan tegang menyebabkan tekanan darah tinggi serta produksi hormon stres yang akan membuat lebih sulit tidur.

3. Tidur siang membuat lebih cerdas

Tidur siang adalah alternatif kafein yang efektif dan menyegarkan untuk kesehatan dan dapat membuat Anda lebih produktif. Dalam sebuah penelitian, orang yang tidak tidur siang atau tidur siang kurang dari 1 jam, mengalami penurunan mental empat hingga enam kali lebih besar daripada mereka yang tidur siang setidaknya 1 jam.

Baca juga: Susah Tidur Sampai Waktu Sahur? Atasi Pakai Cara Jitu Ini 

4. Tidur dapat mengurangi risiko depresi

Tidur memengaruhi banyak bahan kimia dalam tubuh, termasuk serotonin. Orang dengan kekurangan serotonin lebih mungkin menderita depresi. Anda dapat membantu mencegah depresi dengan selalu menjaga waktu tidur yang cukup yaitu antara 7 hingga 9 jam setiap malam.

5. Tidur membantu tubuh melakukan perbaikan

Tidur adalah waktu untuk bersantai dan beristirahat. Namun pada saat bersamaan, tubuh sedang bekerja keras memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh stres, sinar ultraviolet, dan paparan berbahaya lainnya.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini