Beautypedia, 5 Cara Menerapkan Riasan pada Kulit Wajah Rentan Berjerawat

Wilda Fajriah, Jurnalis · Rabu 21 April 2021 11:29 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 611 2398270 beautypedia-5-cara-menerapkan-riasan-pada-kulit-wajah-rentan-berjerawat-bHXten4nn3.jpg Ilustrasi riasan untuk kulit wajah yang rentan berjerawat. (Foto: Pressfoto/Freepik)

BANYAK orang menyatakan makin banyak riasan yang digunakan untuk menutupi jerawat maka akan menimbulkan rasa tidak nyaman. Saat mengaplikasikan riasan pada kulit berjerawat atau rentan berjerawat, ada beberapa tips penting yang perlu diingat untuk memastikan penampilan yang luar biasa.

Penata rias profesional Gitanshi Dua mengatakan, menerapkan riasan di atas jerawat mungkin tampak sulit, tetapi ternyata tidak selalu. Mereka yang memiliki kulit berjerawat harus berhati-hati, tidak hanya saat memilih produk perawatan kulit, tapi juga ketika berbelanja kosmetik.

"Kulit yang rentan berjerawat membutuhkan perawatan khusus dalam hal perawatan dan pengaplikasian riasan. Jadi saat berbelanja produk perawatan kulit dan kecantikan, cari label seperti non-komedogenik, berbahan gel, dan bebas minyak. Jika Anda berjerawat, tips make-up berikut akan mengubah hidup Anda," jelasnya, seperti dikutip dari laman Feminaindia, Rabu (21/4/2021).

Baca juga: 3 Perawatan Sederhana untuk Hilangkan Jerawat di Badan 

Karena itu, ia pun memberikan tips yang perlu Anda lakukan saat menerapkan riasan ke kulit yang rentan berjerawat, yakni:

1. Persiapkan kulit sebelum menggunakan riasan

Menerapkan riasan di atas kulit berjerawat dimulai dengan mempersiapkan kulit dengan benar sebelumnya. Basis yang sehat tercipta saat wajah dibersihkan, dikencangkan, dan dilembapkan. Untuk menghilangkan kotoran dari kulit, cuci bersih dengan air hangat dan pembersih wajah yang sesuai.

Ilustrasi kulit wajah. (Foto: Senivpetro/Freepik)

2. Gunakan mattifying primer

Primer mempersiapkan kulit untuk riasan dan merupakan langkah pertama dari setiap rutinitas riasan (setelah mencuci muka dan sebelum mengaplikasikan alas bedak). Primer digunakan untuk membuat riasan bertahan lebih lama dan juga meratakan dasar untuk pengaplikasian riasan yang halus.

Jika Anda memiliki kulit berjerawat, maka dapat menggunakan primer mattifying untuk membantu menghaluskan pori-pori sambil tetap mempersiapkan wajah untuk riasan.

3. Gunakan korektor warna

Anda akan memiliki banyak noda merah di wajah jika berjerawat, dan membubuhkan concealer di atasnya tidak akan membantu menutupinya. Gunakan korektor warna hijau untuk noda sebelum mengaplikasikan alas bedak atau concealer.

Saat digunakan di atas jerawat yang merah, ini menetralkan warna dan secara efektif menyembunyikannya. Oleskan korektor warna terlebih dahulu, kemudian dapat melanjutkan menggunakan concealer di atasnya.

Baca juga: Jangan Takut Muncul Jerawat, Cegah dengan 7 Cara Jitu Ini 

4. Gunakan foundation ringan dan bebas minyak

Langkah selanjutnya adalah memilih foundation atau alas bedak yang sesuai. Sangat penting untuk mendapatkan warna yang cocok. Sesuatu yang terlalu terang atau gelap akan menarik perhatian pada jerawat.

Pilih foundation yang ringan dan bebas minyak. Menerapkan alas bedak pada lapisan yang sangat tipis dengan tangan yang ringan adalah rahasia untuk tampilan yang natural dan tersembunyi. Cukup gunakan riasan untuk menyeimbangkan warna kulit Anda.

5. Pakai produk rias jerawat yang bebas minyak

Sebaiknya menghindari semua bahan yang tidak terserap oleh kulit, seperti parafin, ftalat, isopropil miristat, dan petrolatum. Bahan "berminyak" tersebut menempel pada kulit dan dapat menyumbat pori-pori. Saat berbelanja riasan untuk kulit berjerawat, cari istilah seperti non-comedogenic, hyaluronic acid, dan hypoallergenic.

Meskipun menggunakan produk paling lembut untuk kulit sensitif dan berjerawat, Anda harus menghapusnya sebelum tidur. Menjaga kulit tetap bersih, bebas riasan, dan lembap akan membantu menghentikan munculnya kembali jerawat.

Hal terpenting yang dapat dilakukan untuk merawat kulit berjerawat adalah dengan mengikuti rutinitas perawatan kulit yang bersih dan aman.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini