Ini Panduan Penggunaan Retinol untuk Kulit yang Rentan Jerawat

Sellva Brilliancy Fernando, Jurnalis · Rabu 21 April 2021 20:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 611 2398565 ini-panduan-penggunaan-retinol-untuk-kulit-yang-rentan-jerawat-xGkR7lk7iu.jpg Ilustrasi kulit wajah rentan berjerawat. (Foto: Jcomp/Freepik)

BERJUANG mengatasi jerawat di wajah adalah hal yang melelahkan. Tapi tenang saja, kini ada solusinya, yakni menggunakan retinol. Ini adalah salah satu bahan yang dipercaya ampuh mengatasi kulit yang rentan berjerawat.

Dirangkum dari laman Feminaindia, Rabu (21/4/2021), retinol tidak hanya mengobati dan mengatasi jerawat yang mengganggu, tetapi juga membuat kulit halus serta bercahaya. Berikut ini panduannya. Yuk disimak.

Baca juga: Beautypedia, 5 Cara Menerapkan Riasan pada Kulit Wajah Rentan Berjerawat 

1. Bagaimana cara kerja retinol di kulit rawan Jerawat?

Retinoid —istilah umum untuk keluarga turunan vitamin A— membantu Anda mengatasi jerawat kistik, komedo putih, dan komedo. Menurut praktisi kesehatan kulit, Dokter Apratim Goel, retinoid mengurangi jerawat dengan mengelupas lapisan mati, mengurangi produksi sebum di kulit, dan mencegah pori-pori tersumbat. Retinoid juga membantu memudarkan bekas jerawat dengan mempercepat laju pergantian sel dan mendorong sel-sel mati keluar untuk memberi ruang bagi yang baru.

2. Retinol mana yang cocok untuk jerawat?

Menurut para ahli, krim dan gel retinoid adalah yang paling efektif dalam mengatasi jerawat. Dokter kulit kosmetik selebriti, Jaishree Sharad Retinol, mengatakan retinol pasti bisa membantu mengatasi jerawat. Namun, lanjut dia, retinoid yang merupakan bentuk lebih aktif dan obat resep, bekerja lebih baik untuk jerawat daripada retinol.

Jika Anda memiliki kulit sensitif dan takut menggunakan bahan aktif seperti retinol, tambah dr Goel, jangan khawatir karena beberapa turunannya, seperti adapalene (obat berbasis resep), cocok untuk jenis kulit sensitif. Retinoid seperti adapalen, tretinoin, dan tazaroten paling cocok untuk jerawat dengan kekuatan berbeda yang ditentukan oleh dokter kulit berdasarkan tingkat keparahan jerawat dan jenis kulit.

Baca juga: 3 Perawatan Sederhana untuk Hilangkan Jerawat di Badan 

3. Seberapa sering menggunakannya?

Dokter Sharad mengatakan retinol adalah bahan aktif dengan potensi kuat. Jika Anda baru memulainya, mungkin akan menyebabkan kulit sedikit kesemutan. Anda harus membangun toleransi kulit terhadapnya. Ingatlah untuk tidak berlebihan karena tidak menjamin hasil yang lebih cepat. Harus digunakan dua atau tiga kali dalam seminggu sebelum tidur, dan jumlahnya harus kurang dari ukuran kacang polong.

Dosis retinol dan frekuensinya paling baik ditentukan oleh dokter kulit Anda yang akan mempertimbangkan jenis kulit dan tingkat keparahan kondisinya. Jika kulit sensitif, dosis ringan dapat diminum setiap hari. Dokter Goel menambahkan, retinoid dapat digunakan setiap hari pada malam hari jika tidak ada sensitivitas atau iritasi yang dialami.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini