Pentingnya Cegah Penuaan Dini di Usia 20 Tahun

Novie Fauziah, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 611 2398637 pentingnya-cegah-penuaan-dini-di-usia-20-tahun-tt0ptdaXLA.jpg Ilustrasi (Foto : Shutterstock)

Seiring bertambahnya usia, elastisitas kulit manusia semakin menurun. Tahukah Anda, di usia 20 tahun kolagen dan kekencangan kukit mulai berkurang hingga bisa berujung pada penuaan dini? Para ahli pun menyarankan, supaya memakai skincare atau menjalani perawatan sejak dini.

CEO of Arya Noble Dermatology, Alfons Sindupranata mengatakan, dari survei yang dilakukan JakPat untuk ERHA Age Corrector, 76 persen wanita Indonesia merasa gejala penuaan dini yang mereka alami merupakan masalah serius perlu diatasi.

Penuaan Dini

"Dari pengalaman tersebut kami melihat banyaknya kekhawatiran mengenai masalah penuaan dari pasien kami," ujarnya saat launching ERHA Age Corrector secara virtual, kemarin.

Baca Juga : 5 Cara Hilangkan Kerutan di Area Mata, Wajah Tampak Awet Muda!

Sementara itu VP Product ERHA Skincare, Angelyn Bunardi menambahkan, age corrector terbukti efektif dalam meremajakan kulit sehingga wanita Indonesia dapat terlihat awet muda.

"Sebagai bentuk upaya kami untuk membantu lebih banyak lagi wanita," katanya.

Penuaan dini terkadang tak disadari oleh seseorang, yang di mana hal itu bisa terjadi di usia menginjak 20 tahun. Malahan sebagian malah sadar setelah tanda penuaan itu muncul, sehingga membuatnya kurang percaya diri.

Tanda-tanda penuaan dini yang umum terjadi, serta dapat terlihat adalah garis halus dia area mata, kulit kusam, pori-pori menjadi besar hingga hilangnya elastisitas kulit yang membuatnya jadi mudah kendur.

"Elastisitas kulit pun menurun, contoh sederhananya adalah bekas bantal pada wajah yang lebih lama hilang saat dewasa dibandingkan pada saat remaja," kata ERHA Product Development Manager, Yulia Lie Yanda.

Penuaan Dini

Kemudian menurut survei JakPat pada April 2021, 60 persen responden wanita merasa kurang percaya diri karena gejala penuaan dini yang dialami. Sementara, kelompok wanita di usia 20an mulai merasa tertekan atau tidak nyaman karena wajah terlihat lebih tua dari umur sebenarnya.

Masalah penuaan dini bukan hanya memengaruhi tingkat kepercayaan diri, tapi juga berdampak pada kehidupan sosial. Tiga dampak yang paling banyak dialami adalah kesulitan bersosialisasi, mendapatkan cemooh dari orang sekitar, dan sulit menemukan pasangan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini