Cara Belajar Bahasa dari Drama Korea dan Anime Jepang ala Zahid Azmi Ibrahim

Dyah Ratna Meta Novia, Jurnalis · Rabu 21 April 2021 09:44 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 612 2398211 cara-belajar-bahasa-dari-drama-korea-dan-anime-jepang-ala-zahid-azmi-ibrahim-QrLvR9EJSN.jpg Zahid Azmi Ibrahim dan teman (Foto: Youtube)

Untuk kebanyakan orang, belajar bahasa asing merupakan hal yang sulit untuk dilakukan. Hal tersebut dapat terjadi karena belum menemukan metode yang cocok dalam mempelajari bahasa asing.

Seorang mahasiswa Institut Teknologi Bandung bernama Zahid Azmi Ibrahim berbagi cara belajar bahasa asing yang unik yaitu dengan teknik shadowing. Zahid merupakan seorang konten kreator yang sering mengunggah video tentang edukasi dan motivasi.

 Zahid

Di konten terbarunya, Zahid berbagi konten tentang aktivitasnya dalam sehari penuh. Ia memulai harinya dengan bersepeda selama 1 jam. Setelah lelah berolahraga, ia lalu membeli sebuah batagor yang merupakan salah satu makanan kesukaannya.

Setelah itu ia pulang ke rumah dan menghabiskan waktu dengan menonton film kartun Jepang berjudul “Haikyuu!!”. Setelah santai-santai, Zahid pun menyiapkan diri untuk melakukan webinar yang diadakan SMA-nya dulu.

“Senang sekali rasanya bisa bertemu kembali dengan wajah-wajah yang familiar” ujar Zahid.

Zahid melanjutkan aktivitasnya yaitu dengan belajar bahasa Jepang di YouTube. Sambil menulis sebagai latihan, Zahid juga ikut melafalkan kata-kata Jepang.

Setelah belajar bahasa, Zahid kembali menonton film kartun Jepang yang sedang populer yaitu “Attack On Titan”. Sambil menghibur diri dengan menonton, ketika menonton film pun Zahid melatih mengucapkan kalimat-kalimat dalam bahasa asing. Teknik ini ia sebut dengan shadowing.

“Shadowing adalah ketika kita nonton suatu klip video dari native speaker kemudian kita coba ikuti cara ngomongnya mulai dari gerak gerik mulutnya, pelafalan, intonasi, dan segala macam” jelas Zahid.

Zahid mencontohkan teknik shadowing ini dengan menonton drama Korea hits berjudul “Start Up”. Ia menonton film tersebut dengan kecepatan 0.75 supaya lebih mudah untuk diikuti.

Yang mau ikuti teknik shadowing saat belajar bahasa asing, yuk tonton dulu video lengkapnya di YouTube channel Zahid Azmi Ibrahim!

https://www.youtube.com/watch?v=gnYaKnodf3M

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini