Banyak yang Keliru, Peternak Ini Bagikan Cara Tepat Simpan Telur Ayam di Kulkas

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 21 April 2021 17:37 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 612 2398504 banyak-yang-keliru-peternak-ini-bagikan-cara-tepat-simpan-telur-ayam-di-kulkas-2SDJVjFm7g.jpg Telur ayam. (Foto: Freepik)

SEORANG peternak menggunakan akun media sosial TikTok untuk meluruskan kesalahan yang paling sering dilakukan masyarakat dalam menyimpan telur ayam di kulkas. Pria bernama Noah Young, pemilik peternakan di Nebraska, Amerika Serikat, mengklaim bahwa ujung runcing telur harus diletakkan di bagian bawah saat menyimpannya di dalam lemari es.

Tentu banyak orang yang bingung dengan teknik tersebut dan memancing banyak pertanyaan. Noah menjelaskan bahwa telur harus diletakkan dengan baik, sebab terdapat sel udara pada ujung lain dari telur yang berfungsi melindungi kuningnya dari sejumlah bakteri yang tidak diinginkan.

Baca juga: Telur Terkadang Miliki Benjolan dan Bintik Aneh, Amankah Dikonsumsi? 

"Hal pertama, setiap telur memiliki ujung runcing dan ujung tumpul. Ini sebenarnya memiliki sesuatu yang disebut sel udara. Sel udara ini sebenarnya bertindak sebagai penyangga untuk menjaga bakteri seperti salmonella menjauh dari kuning telur," terang Noah, sebagaimana dikutip dari laman VT, Rabu (21/4/2021).

Peternak Noah Young ungkap cara tepat meletakkan telur ayam di kulkas. (Foto: TikTok @theshilohfarm)

Ia melanjutkan, jika menyimpan telur dengan sisi tumpul berada di bagian bawah, maka sel udara tersebut perlahan mulai terangkat dengan gravitasi. Kondisi ini bakal membawa bakteri menjadi lebih dekat dengan kuning telur.

Baca juga: Ini Jumlah Telur yang Boleh Dikonsumsi dalam Sehari 

"Jika Anda mengarahkan telur ke bawah, maka kantung udara itu akan tetap berada di kanan. Ini akan menjaga kesegaran telur menjadi lebih lama," jelasnya.

Tidak mengherankan jika video ini mendadak menjadi viral. Banyak orang heran mengapa mereka bisa salah menyimpan telur dalam waktu yang lama.

(han)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini