4 Sumber Omega-3 Jika Anda Tak Suka Ikan

Novie Fauziah, Jurnalis · Rabu 21 April 2021 23:45 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 21 612 2398706 4-sumber-omega-3-jika-anda-tak-suka-ikan-PvReHcug9f.jpeg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MINYAK ikan memang diyakini kaya akan lemak omega-3, bahan super yang memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh. Karenanya omega-3 sangat direkomendasikan bagi tubuh.

Sebuah studi penelitian menemukan bahwa zat ini dapat mengurangi peradangan, menurunkan trigliserida darah dan bahkan mengurangi risiko demensia. Dilansir dari laman Health Line, sumber asam lemak omega-3 yang paling terkenal adalah minyak ikan berlemak seperti salmon, trout, dan tuna. 

Namun, bagi Anda yang tidak cocok atau tak suka makan ikan, bisa memperoleh sumber omega-3 dari beberapa tumbuhan sayuran atau tumbuhan berikut ini:

Ikan

Kubis Brussel

Selain kandungan vitamin K, vitamin C, dan seratnya yang tinggi, kubis Brussel merupakan sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik.

Sayuran silangan seperti kubis brussel sangat kaya nutrisi dan asam lemak omega-3, dan dikaitkan dengan banyak manfaat kesehatan.

Faktanya, satu penelitian menemukan bahwa peningkatan asupan sayuran cruciferous dikaitkan dengan risiko penyakit jantung 16 persen lebih rendah.

Minyak Alga

Minyak alga merupakan sejenis minyak yang berasal dari alga. Menonjol sebagai salah satu dari sedikit sumber vegan dari EPA dan DHA (14 Sumber Terpercaya).

Beberapa penelitian bahkan menemukan, bahwa minyak tersebut sebanding dengan makanan laut, atau sama gizinya dari EPA dan DHA.

Satu studi membandingkan kapsul minyak alga dengan salmon yang dimasak. Kemudian menemukan bahwa, keduanya dapat diambil manfaatnya dengan baik dan setara dalam hal penyerapan.

Biji Chia

Biji chia dikenal karena banyak manfaat kesehatannya, mengandung serat dan protein dalam dosis tinggi di setiap porsi. Serta merupakan sumber asam lemak ALA omega-3 nabati yang bagus.

Kandungan omega-3, serat dan proteinnya, penelitian telah menemukan biji chia dapat menurunkan risiko penyakit kronis bila dikonsumsi sebagai bagian dari makanan sehat.

Kenari

Kacang kenari mengandung lemak sehat dan asam lemak omega-3 ALA. Jenis kacang terdiri dari sekitar 65 persen lemak menurut beratnya.

Beberapa penelitian pada hewan menemukan, bahwa kenari dapat membantu meningkatkan kesehatan otak karena kandungan omega-3 di dalamnya.

Sebuah studi hewan 2011 menemukan, makan kacang kenari dikaitkan dengan peningkatan dalam pembelajaran dan memori seseorang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini