Sotong Pangkong, Kuliner Khas Pontianak yang Jadi Favorit saat Ramadhan

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 22 April 2021 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 22 298 2398819 sotong-pangkong-kuliner-khas-pontianak-yang-jadi-favorit-saat-ramadhan-ajYjBdjF85.jpg Sotong Pakong (Foto : Freepik)

Jika biasanya makanan khas Ramadhan yang ada di benak Anda hanya kue lupis dan es timun suri, Anda harus mengenal sotong pangkong. Karena kuliner Pontianak ini juga hanya bisa Anda temui saat Ramadhan saja.

Sotong Pangkong terdiri dari dua kata yaitu sotong (cumi) dan pangkong (artinya 'pukul' dalam bahasa Melayu Pontianak). Salah satu kuliner hits yang mudah ditemukan saat sore hingga malam hari ini memiliki banyak peminat.

Makanya, jika Anda memiliki rencana untuk berkunjung ke Pontianak dalam waktu bulan suci Ramadhan ini, maka sotong pangkong ini wajib dan tidak boleh kalian lewatkan.

Sotong Pakong

Hidangan ini dapat dinikmati oleh siapa pun karena harganya yang terjangkau serta cita rasanya yang begitu khas. Ditambah lagi dengan cara penyajiannya yang bisa dibilang sederhana tapi unik.

Rasa nikmatnya pun akan melekat di ingatan terutama saat disantap bersama teman, saudara, kerabat, ataupun keluarga. Kuliner khas Ramadhan ini merupakan berkah bagi penjual kuliner dadakan.

Proses pembuatan sotong pangkong pun sangat sederhana. Sotong kering dipanggang sebentar pada bara api dengan arang kelapa atau kayu. Kemudian dipangkong (dipukul-pukul) menggunakan palu hingga pipih dan serat-serat dagingnya terpisah.

Baca Juga : Mengulik Proses Pembuatan Kunafa, Kudapan Spesial Ramadhan Khas Arab Saudi

Baca Juga : Berdampak Buruk, 5 Makanan Ini Wajib Dihindari saat Buka Puasa

Tujuannya agar sotong kering panggang tersebut lebih mudah dimakan dan rasa gurihnya lebih keluar. Sotong pangkong ini juga tidak diberi bumbu macam-macam karena sudah ada rasa gurih alami.

Rasanya gurih kenyal dengan aroma harum. Sotong pangkong cukup disajikan dengan sambal kacang dan kuah asam pedas yang terbuat dari racikan cuka dan cabai. Bagi yang belum terbiasa mengonsumsinya mungkin agak kesulitan waktu mengunyah, karena bagaimanapun sotong kering teksturnya akan lebih keras dan liat.

Tapi di situlah letak sensasi menyantap sotong pangkong ini. Agar lebih nikmat, sobek daging sotong dalam ukuran kecil, lalu cocol ke dalam sambal/saus yang diinginkan.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini